Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bohlam Headlamp Lepas? Kenali Penyebabnya

Parwata - Rabu, 27 April 2016 | 20:40 WIB
Contoh kaki bohlam yang lepas dari dudukannya
Sigit/otomotifnet
Contoh kaki bohlam yang lepas dari dudukannya

Otomotifnet.com -  Ngeselin saat jalan malam eh, bohlam headlamp mati mendadak! “Coba dicek sakelarnya enggak mungkin off karena sudah mengusung fitur Auto Headlamp On (AHO), penasaran tengok lampunya, ternyata bohlamnya jatuh dan masuk ke dalam reflektor,” kaget Andrianto Budiman pemilik Honda BeAT lansiran 2014.

“Biasanya kalau lampu headlamp mati hanya tungsten filamennya yang putus, namun kali ini sampai bohlamnya lepas dari dudukannya,” herannya sambil menggerutu kesal dan menunjukan solderan di kaki bohlam yang lepas.

Ditanggapi oleh Endro Sutarno, Instruktur Teknik Astra Honda Training Center (AHTC), PT Astra Honda Motor (AHM), menurut pria ramah ini kondisi jalan berpotensi merusak bohlam. “Biasanya karena sering masuk lubang, getarannya menyebabkan solderan lepas,” jelas Endro. Selain itu, bisa karena switch lampu jauh dan lampu dekatnya berada di tengah-tengah.

“Posisi lampu jauh bukan, posisi lampu dekat juga bukan. Sehingga lampu jadi menyala dua-duanya yang menyebabkan bohlam jadi terlalu panas dan membuat bohlam lepas dari kakinya,” analisa Anang Djauhari, Service Advisor Wahana Honda Ciputat.

Nah untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk memperhatikan posisi switch lampu agar posisinya 100% berada di lampu jauh atau 100% lampu dekat. Lalu bagaimana jika keadaan ini terjadi pada motor baru?

“Jarang banget ya kalau motor baru, tapi kalau memang terjadi bisa langsung datangi jaringan dealer Honda untuk klaim garansi. Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku,” jelas Endro. Oke Pak! • (otomotifnet.com)

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa