Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Pasang Swing Arm Megelli 250 di Honda CB150R, Klop Dengan Rangka

Kamis, 18 Agustus 2016 | 11:04 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Beredar pelek super lebar untuk CB150R di pasaran, mulai dari 3,5 sampai 6 inci. Tapi sayangnya untuk pemasangan harus ganti swing arm yang lebih lebar. Mau comot limbah moge atau produk aksesori bisa.

Tapi ada ide menarik dari Yusa Firdaus punggawa Arka Motor. Ia sukses pasang swing arm Megelli 250 di Honda CB150R (Gbr.1). Bentuknya klop dengan rangka CB150R (Gbr.2), sama-sama teralis, keren juga!

No caption
No credit
No caption
Gambar 1
No caption
No credit
No caption
Gambar 2

“Tapi pemasangannya enggak bisa plug and play, suspensi belakang Megelli langsung nemplok di swing arm tidak seperti CB yang pakai pro-link,” tuturnya.

Ubahan mulai dengan membuat dudukan pro-link, “Swing arm ini berbahan aluminium, awalnya bikin dudukan pro-link pakai aluminium juga, eh patah. Akhirnya sekarang pakai besi, sehingga pipa pada swing arm yang akan dijadikan dudukan nantinya harus dikondom menggunakan pipa besi,” ucap Yusa sapaan karibnya.

Langkahnya, ruang antara dudukan sokbreker lama di swing arm dan as swing arm harus dilebarkan (Gbr.3).

No caption
No credit
No caption
Gambar 3
No caption
No credit
No caption
Gambar 4

“Karena akan menjadi tempat lewatnya sokbreker CB150R. Posisinya ada di bagian tengah pipa tersebut,” lanjutnya. Setelah itu harus bikin plat setebal 5 mm di sisi bawah sebagai dudukan pro-link (Gbr.4).

“Di atas duduk pro-link ini jangan lupa dibuatkan tiang penahan yang tersambung ke pipa swing arm bagian atas (Gbr.5),” wanti Yusa yang ngebengkel di bilangan Taman Galaxy, Bekasi Selatan.

Gambar 5

Kalau enggak mau repot, Arkha Motor menawarkan jasa senilai Rp 2 sampai 2,5 juta untuk pemasangan termasuk swing arm Megelli. Keren juga ya! • (otomotifnet.com / Fariz)

Arkha Motor 08569344445

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa