Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

In Car Entertaintment: Honda CR-V 2.4 Prestige 2016, Private Theatre

Parwata - Jumat, 7 Oktober 2016 | 08:46 WIB

Kalau kebanyakan SQ dibuat fokus di jok pengendara, pemilik satu ini lebih menginginkan  setiap penumpang merasakan kenikmatan menonton bioskop

Jakarta - Sering kali ketika menonton film terbaru di teater kesayangan, muncul berbagai  istilah audio, yang paling populer seperti Dolby Surround Sound. Bisakah sistem tersebut  diterapkan ke in car entertainment? Jelas bisa.

Seperti yang dicontoh Nasion Samodra, pemilik Honda CR-V 2.4 Prestige yang menginginkan  suara ala di bioskop itu di dalam SUV-nya. “Saya memang menyukai jenis suara live yang seperti sedang menonton bioskop atau  menikmati langsung performance musik,” ujar Nasion.

Dibawa ke Cartens Autosound di ITC Fatmawati, sang owner langsung berkonsultasi dengan  Eddie Soesanto, pemilik workshop, yang sudah beberapa kali membangun sistem serupa. 

“Untuk konfigurasi surround yang satu ini kita buatkan sistem multimedia 4.1 Dolby  Surround dengan processor system, speaker depan, belakang dan subwoofer,” terang Eddie. 

Yang dimaksud dengan 4.1 adalah adanya dua speaker di depan, dua di belakang dan satu  subwoofer. Sedang untuk membangun konfigurasi ini, dipilihlah sistem surround dengan speaker  belakang menggunakan 3-way split, posisi tweeter dan midrange di pilar C, serta midbass  di pintu tengah. Mengapa butuh speaker di belakang seperti ini?

“Tambahan speaker di belakang untuk menghasilkan nuansa live dan penuh, sehingga terasa  seperti dalam bioskop.  Kita gunakan 3-way split dari Focal KRX3 agar bisa dapat kualitas yang sama dengan di  depan, karena corak suara yang sama sangat krusial untuk sistem multimedia 4.1,” jelas  Eddie.

Sedangkan di depan, digunakan sistem 3-way dari Focal Be W-RC untuk menghasilkan suara  yang lebih penuh dan akurat untuk kualitas musik. Dengan sistem yang baru ini, media seperti DVD terutama musik live dan film akan menjadi  optimal didengarkan dengan rasa ala-ala surround sound di teater. • Sano/otomotifnet.com

Editor : Parwata

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa