Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mixed Feelings Volkswagen Scirocco 1.4 TSI

andy - Kamis, 10 November 2016 | 16:55 WIB

Besar kemungkinan Anda sudah sangat mengenal Volkswagen Golf, bahkan masih menjadi mobil impian. Tapi sebenarnya masih ada satu lagi hot hatch Volkswagen yang kurang dikenal, yaitu Scirocco. Model satu ini memiliki harga yang lebih tinggi ketimbang Golf, walau memiliki platform dan  mesin yang sama.

Apa kelebihannya? Secara desain, Scirocco memiliki nilai plus. Tampilannya jauh lebih sporty dibanding Golf, dengan atap rendah dan proporsi mobil balap klasik: overhang pendek, bonnet panjang. Tampil tanpa body kit sekalipun seperti model 1.4 TSI ini, Scirocco sudah menampilkan aura sporty dan agresif.

Penerangan di bagian depan dan belakang mobil sudah menggunakan LED, sementara pelek “Taladega” dengan lebar 8 inci dan diameter 18 inci dibalut ban 235/40R18 yang berada di keempat sudutnya semakin menegaskan kesan mobil sport.

Interiornya sangat mirip dengan Golf, hanya di bagian tengah dashboard tersedia meter cluster untuk temperatur oli, stopwatch, dan boost turbo. Sangat menarik. Posisi mengemudi optimal juga mudah didapat karema jok dengan lapisan fabric mudah diatur secara mekanis, apalagi dibantu dengan penyetelan tilt-telescopic steering.

Sistem infotainmentnya juga cukup lengkap. Model entry level ini dilengkapi layar dsplay touchscreen berukuran 6.5 inci. Fitur lainnya di sistem tata suara ini antara lain DAB radio, Bluetooth, USB, iPhone connectivity, CD player, juga aux-in socket.

Sayangnya, ia belum dibekali kamera mundur, hanya sensor parkir saja. Sebagai trim entry level untuk Scirocco, model yang kami uji ini dibekali mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.390 cc yang dibantu sistem induksi turbocharger dan pasokan bahan bakar direct injection.

Dengan teknologi ini, tenaga maksimum sebesar 160 ps bisa dicapai pada putaran mesin 5.800 rpm. Sementara torsi maksimum sebesar 240 Nm bisa diraih pada putaran mesin antara 1.500-4.500 rpm. Torsi besar di putaran rendah juga tenaga ini tentunya juga merupakan hasil bantuan turbo yang mampu menghasilkan boost hingga 3.0 bar.

Scirocco entry level ini memiliki akselerasi ‘kalem’, tidak terlalu agresif saat kick down. Ia juga sepertinya berada di ‘zona nyaman’ saat mencapai putaran mesin antara 2.000-4.000 rpm. Perpindahan gigi transmisi 7-percepatan DSG-nya juga mulus, tanpa entakan.

Akeselerasi dari 0-100 km/jam bisa dicapai dalam waktu 8,1 detik, sama sekali tidak buruk untuk sebuah hot hatch, apalagi entry level. Untuk handling, Scirocco 1.4 TSI terasa menggigit aspal dengan kemudi yang sangat responsif, lincah bermanuver, bahkan kami cukup percaya diri untuk membawanya bermanuver di jalan yang penuh tikungan tajam.

Sistem suspensinya juga terasa bersahabat, alias tidak terlalu keras walaupun mobil ini terlihat rendah dan sangat dekat dengan tanah. Meskipun begitu ia juga tidak terlalu empuk seperti sedan 4 pintu, sehingga juga masih terasa karakter hot hatch-nya.

Terus terang, mengemudikan Volkswagen Scirocco 1.4 TSI memberikan kami rasa yang bercampur, antara senang dan tidak. Kami sangat senang dengan desainnya yang sporty khas Eropa, tanpa suara gemuruh mesin berlebihan dan konsumsi bahan bakar seperti city car. Sementara performa mesinnya belum sebanding dengan tampilan luar.

Jadi jika Anda sedang mencari mobil Eropa yang stylish dan cocok untuk menemani café hoping di akhir pekan, atau bahkan sebagai daily driver,  maka Scirocco 1.4 TSI merupakan mitra yang pas.


SPESIFIKASI

APM PT Garuda Mataram Motor - Volkswagen
MODEL Scirocco 1.4 TSI
HARGA Rp 531 juta
MESIN:  
Tipe 4 silinder turbocharger
Kapasitas 1.390 cc
Jumlah katup 16
Tenaga (PS/RPM) 160 ps / 5.800
Torsi (Nm/RPM) 240 Nm / 1.500- 4.500
DIMENSI (MM):  
PxLxT 4.256 x 1.810 x 1.406
Wheelbase 2.578
TRANSMISI:  
Tipe Otomatis7-percepatan dual-clutch (DSG), FWD
REM:  
Depan Ventilated disc
Belakang Ventilated disc
SUSPENSI:  
Depan MacPherson Strut with coil spring and stabilizer
Belakang Integral Link
BAN:  
Ukuran Alloy wheel, 235/40R18

DATA TES
VW Scirocco 1,4 TSI

0-60 km/jam  4,0 detik
0-100 km/jam 8,1 detik
20-40 km/jam 1,2 detik
40-80 km/jam 3,3 detik
80-100 km/jam 2,3 detik
Konsumsi BBM Tol 16,6 km/liter
Konsumsi BBM Dalam Kota  10,6 km/liter

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa