Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Transformasi Besar Land Rover Discovery

andy - Rabu, 23 November 2016 | 12:56 WIB

Gerry McGovern, tim desainer Land Rover telah melakukan perubahan secara besar-besaran terhadap Land Rover Discovery. Setelah lebih dari 26 tahun menghadirkan desain yang tak jauh berbeda serba mengotak, kini Discovery hadir dengan tampilan yang makin sophisticated secara desain.

Tampilan Discovery kini hampir serupa dengan mobil-mobil SUV lansiran Jaguar Land Rover. Mulai dari desain fascia depan yang menggunakan rancangan lampu berbentuk lancip hingga ke bagian fender hingga lampu belakang yang juga hampir serupa.

Meski begitu ada satu hal yang menarik. Ciri khas kaca Discovey yang ada di antara pilar C dan D coba dituangkan desainer melalui panoramic roof belakang yang sedikit melengkung ke kaca samping.

Dari sisi dimensi, Discovery Mk5 memiliki panjang mencapai 4.970 mm. Ini berarti lebih panjang 140 mm dibanding generasi sebelumnya. Namun tingginya kini menyusut menajdi 1.846 mm dari model sebelumnya yang punya tinggi 1.912 mm.

Tak hanya desain, dari sisi platform, Discovery juga benar-benar baru. Mobil yang diproduksi di fasilitas Jaguar Land Rover, Solihull, Inggris ini berbagi platform dengan Range Rover dan Rover Sport.

Tenaga pun kini disuplai mesin baru, termasuk untuk pertama kalinya Discovery dibenamkan mesin diesel 4 silinder. Mesin berkapasitas 2.000 cc yang digunakannya memiliki tenaga mencapai 237 dk serta torsi puncak hingga 500 Nm. Mesin ini dikombinasikan tranmisi otomatis 8-percepatan buatan ZF. Klaimnya, untuk berakselerasi dari keadaan berhenti hingga mencapai kecepatan 100 km/jam ditempuh hanya dalam waktu 8 detik saja.

Kadar emisi gas buang yang dihasilkan mesin diesel ini juga tergolong ramah lingkungan. Mesin ini menghasilkan emisi gas buang 171 g/km, klaim ini lebih bersih dari Audi Q7 TDI dan Volvo XC90 dengan mesin D5.

Selain itu, mobil ini juga dilengkapi pilihan mesin diesel yang lebih bertenaga denan kapasitas 3.000 cc, bertenaga 255 dk dan torsi 600 Nm. Atau pilihan mesin bensin supercharger Si6 yang punya tenaga mencapai 335 dk dan torsi 450 Nm.

Walau secara desain mobil ini tampak sayang bila digunakan di medan off-road, tapi jangan meremehkan kemampuannya. Sejarahnya, mobil ini pernah bertualang melalui event off-road yang cukup ekstrem seperti Camel Trophy dan Land Rover G4 Challenge.

Maka tak heran bila mobil ini sanggup melintasi genangan air yang memiliki kedalaman 900 mm. Hal ini berkat paduan double wisbhone di suspensi depan dan air suspension di sektor belakang mampu membuat ground clearence bisa ditinggikan hingga mencapai 283 mm.

Fitur Land Rover All-Terrain Progress Control juga disematkan di semua model. Fitur ini pertama kali digunakan pada Evoque. Fitur ini memungkinkan pengemudi untuk mengatur kecepatan merayap hingga 30 km/jam ketika menanjak dan fokus terhadap kontrol kemudi saja.

Editor : andy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa