Tips Rawat Sokbreker Coilover, Resep Panjang Umur

Jumat, 6 Januari 2017 | 21:43 WIB

Jakarta - Jip kompetisi off-road pasti akrab dengan sokbreker coilover. Sokbreker ini boleh dibilang canggih, tak heran harganya pun tinggi. Oleh karena itu, sayang rasanya bila tidak diperlakukan secara khusus.

Menurut Dana Karya, pemilik bengkel Dana Suspension Specialist, umur coilover akan panjang bila diperlakukan secara benar.

”Pasca balapan, jip kompetisi rata-rata akan lebih banyak diam, sembari menunggu jadwal berlaga di trek. Biasanya bagian yang kerap luput dari perawatan, salah satunya adalah sokbreker,” jelas Dana.

Nah, beda dengan sokbreker konvensional yang mesti ganti apabila rusak, coilover tergolong serviceable. ”Tiap part-nya dapat diganti,” sambung pria jangkung ini.

Sokbreker jenis ini ada 2 tipe, yakni jenis racing dan free-runner. Untuk jenis free-runner lebih tahan lama dalam urusan perawatan.

"Beda dengan jenis racing yang setiap usai balap harus di-overhaul,” terang Daniel Zebedeus, pemilik bengkel FAD Works, spesialis suspensi di Padalarang, Bandung. * (Rindra/otomotifnet.com)

Editor : Parwata
loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA