Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pelanggaran Pemotor Enggan Pakai Helm Paling Banyak, Sayang Uang Apa Kepala?

Parwata - Senin, 23 Juli 2018 | 12:45 WIB
Kapolres Garut memasangkan helm kepada istri seorang pemotor yang melintas di depan Mapolres Garut, Kamis (17/5/2018).(KOMPAS.com/ARI MAULANA KARANG)
Kapolres Garut memasangkan helm kepada istri seorang pemotor yang melintas di depan Mapolres Garut, Kamis (17/5/2018).(KOMPAS.com/ARI MAULANA KARANG)

Otomotifnet.com - Saat ini pelanggaran lalu lintas terbanyak ditempati oleh kendaraan roda dua yang masih banyak yang tidak menggunakan helm.

Artinya, masih banyak pengendara motor yang lebih sayang uangnya, tidak sayang dengan kepalanya sendiri.

Ini menjadi perhatian berbagai pihak termasuk Korps Lalu Lintas Polri untuk menumbuhkan kesadaran keselamatan berkendara.

"Paling banyak pelanggaran yang jelas helm. Penggunaannya kadang tidak diperhatikan karena melihat jarak yang dekat, lalu tidak digunakan. Pelanggaran helm ini masih nomor satu," ucap Direktur Kamsel Korlantas Polri Chryshnanda Dwilaksana, saat ditemui di Pekanbaru, Riau, pekan lalu.

Chryshnanda mengungkapkan pihaknya saat ini tengah mengejar target untuk dapat meningkatkan penggunaan helm bagi pengendara roda dua di Indonesia.

(BACA JUGA: Sayang Anak, Pertamina Bagi 500 Helm Gratis dan Voucher di Hari Anak Nasional)

Ini juga salah satu yang diamati oleh lembaga Road Safety International untuk dapat meningkatkan level keselamatan pengendara di Indonesia.

"Kita targetkan 2020 kita targetkan 85 persen pengendara di Indonesia menggunakan helm," ucap Chryshnanda.

Meski demikian, Chryshnanda enggan memberitahukan daerah mana di Indonesia yang memiliki tingkat pelanggaran helm terbesar.

Juga seberapa besar persentase penggunaan helm saat ini di Indonesia.

Editor : Indra Aditya
Sumber : Kompas.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa