Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Turun Kelas EVO di WSBK, MV Agusta Ciptakan MV Agusta F4 RC Versi Jalanan!

Editor - Kamis, 12 Februari 2015 | 16:27 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Italia - Ternyata kelas EVO pada ajang World Superbike Championship (WSBK) membuat pabrikan motor diseluruh penjuru dunia berlomba membuat motor produksi masal namun memiliki spesifikasi yang mendekati bahkan sama dengan spesifikasi homologi WSBK. Termasuk pabrikan asal Italia, MV Agusta pun tidak mau ketinggalan dengan menciptakan MV Agusta F4 RC.

Kelas EVO di gelaran WSBK merupakan kelas baru, yang di mana kelas EVO akan memakai spesifikasi chassis, suspensi dan komponen rem seperti  Superbike, namun mesin dan elektronik sesuai dengan aturan kelas Superstock 1000. Upaya ini untuk menarik beberapa tim Superstock untuk masuk kelas WSBK. Mirip-mirip kelas Open pada MotoGP.

Memang sekilas tampang motor berlabel RC (Reparto Corse) ini mirip dengan MV Agusta F4  RR tapi MV Agusta F4 RC punya power lebih besar dan punya bobot lebih ringan dari F4 RR. Wiih ngeri sob!

Jika F4 RR punya power maksimal 210 hp pada putaran 13600 dan berbobot 190kg, MV Agusta F4 RC punya power maksimal 212 hp di 13600 rpm dengan bobot 175kg saja. Tenaga yang lebih besar ini berkat desain kepala silinder ,crankshaft, dan camshaft baru. Ditambah injektor yang lebih besar, piston yang lebih ringan serta connecting rod berbahan titanium.


Tapi engga cuma itu sob, shockbreaker Ohlins dan rem Brembo juga bercokol di motor ini. Buat mendukung mesin yang udah gahar, saluran gas buangnya dipercayakan kepada Termignoni berbahan titanium.

Terus yang bikin makin ringan adalah penggunaan beberapa material berbahan magnesium, titanium dan karbon fiber pada motor berkapasitas mesin 988cc ini.

Untuk masalah harga, MV Agusta F4 RC akan dibanderol seharga $46,000 atau hampir Rp 600 jutaan untuk pasar di Amerika. Dan rencananya motor ini akan dipasarkan keseluruh dunia. Kira-kira masuk ke Indonesia engga ya? Jika masuk ke pasar Tanah Air, pastinya harganya lebih mahal karena ditambah pajak ini itu. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa