Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ducati 1299 Panigale, Upgrade Sistem Elektronik!

Dimas Pradopo - Rabu, 5 November 2014 | 16:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Milan - Kehadiran superbike Ducati 1299 Panigale sebenarnya cukup unik. Karena bocor melalui foto narsis yang saat pertemuan dealer beberapa waktu lalu. Dan di ajang EICMA 2014 di Milan, Italia, saatnya Ducati membuka selubung 1299 Panigale.

Ada dua model yang ditawarkan pada 1299 Panigale, yakni versi standar dan S sebagai varian flagshipnya.

Yang menjadi perhatian penggemarnya ada pada aplikasi fitur "cornering ABS” yang terintegrasi dengan sistem eletronik inertial measurement unit (IMU). Ada juga aplikasi kopling Ducati Quick Shift (DQS) yang memungkinkan perpindahan gigi secara clutchless.

Mesinnya? Pada Panigale standar dan Panigale S dibekali mesin L-Twin 1.285cc Superquadro yang dirancang untuk putaran tinggi dengan maksimal out[ut 205 dk. Sementara Panigale tipe R masih mengusung mesin 1.199cc karena regulasi ajang balap WSBK.

No caption
No credit
No caption

Komponen penting lainnya, 1299 Panigale akan mendapatkan crankshaft tungsten balanced dan dua ring piston yang sama seperti 1199 Superleggera.

Sama seperti pesaingnya seperti Yamaha YZF-R1M, 1299 Panigale juga memiliki fitur informasi yang dapat diakses melalui internet berjuluk Ducati data acquisition system (DDA).


Sistem ini memungkinkan pengendara untuk mengakses data trek, kecepatan hingga menyetting ulang kendaraannya melalui sistem elektronik.

Meski tampangnya mirip seperti pendahulunya, namun Ducati menyatakan jika bagian geometri sasis dirombak ulang. Kini dengan sudut setir yang mencapai 24 derajat dengan dudukan suspensi depan yang diturunkan 4mm. Hal ini dilakukan untuk menjawab kritik konsumen Panigale sebelumnya mengenai tingkat kepresisian handling.

Oiya, khusus tipe 1299 Panigale S sudah dibekali suspensi belakang dengan settingan elektronik, Öhlins Smart EC semi-active electronic.Suspensi pintar yang dapat menyesuaikan rebound melalui sensor elektrik ini juga diusung pesaingnya, BMW S1000RR dan YZF-R1M.

Canggih! (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa