Intip Yamaha FZ1 Tunggangan Paspamres Presiden Baru

Dimas Pradopo - Kamis, 23 Oktober 2014 | 11:35 WIB
No caption
No credit
No caption


Jakarta - Jika Anda jeli saat melihat pelantikan presiden Republik Indonesia ke-7 Ir. Joko Widodo, maka akan terlihat sepasang sosok pengawal dengan motor besar berkelir hitam yang membuntuti mobil kepresidenan Mercedes Benz S-Class "Indonesia 1".

Yup, sosok moge bergenre naked bike tersebut adalah Yamaha FZ-1 yang diusung sebagai salah satu motor andalan paspampres untuk presiden yang akrab disapa Jokowi itu. Lalu bagaimana spesifikasinya? Yuk, kita intip.

Memiliki tugas sebagai kendaraan pelindung presiden, sudah pasti kemampuan mesin FZ1 mumpuni. Untuk itu, tersemat 'jantung' empat silinder segaris 998 cc, DOHC, dengan sistem bahan bakar injeksi milik superbike YZF-R1.

Mesin tersebut menghasilkan daya 150 dk dan torsi 106 Nm dengan transmisi 6-speed. Catatan konsumsi bahan bakar 6,72 liter per 100 km, atau rata-rata 14,9 km tiap liternya.

Soal harga, di pasar global FZ1 dibanderol 10.290 US dolar atau setara dengan Rp 92 jutaan. Dan kompetitor yang menjadi pesaingnya diantaranya Kawasaki Z1000, Triumph Speed Triple, Honda CB1000R, Suzuki GSR-1000 hingga saudara tiga silindernya, Yamaha MT-09.

"Yang FZ1 yang dipakai paspampres datang melalui Yamaha Indonesia dan diikirim langsung dari Jepang," ucap M. Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing. (motor.otomotifnet.com)

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa