Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda BeAT, Tercepat di Kelas 155 cc

billy - Jumat, 28 Juni 2013 | 12:51 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Honda BeAT gacoan tim TSS Adnoc Mizzle Tomeco Racing ini tembus fastest time 8,05 detik buat jarak 201 meter. Bermain di kelas Matic 155 cc ini menjadi yang tercepat di ajang drag bike Pertamina Enduro Comet K-Faktory KYT Drag Bike Battle Day Championship seri III, Kebumen, Jawa Tengah (16/6).

BeAT lansiran 2008 yang ‘dibejek’ Cendy Gerry ini, tak lepas dari tangan kreatif Ucup sang mekanik. Agar isi silinder mencapai 155 cc, sang mekanik hitam manis ini aplikasi piston High Speed diameter 56,5 mm.

Setelah itu, stroke asli yang berukuran 55 mm dibikin jadi 61 mm. Stroke up tadi dibikin dengan cara pen stroke 3 mm. Naik-turun jadi 6 mm. Lalu, blok silinder diganjal paking alumunium tebal 3 mm.

Agar piston tak mentok head silinder, maka head kudu dibubut 0,5 mm. Sehingga kompresi yang dihasilkan menjadi 13 : 1 dengan bahan bakar mengandalkan bensol. Proses pengabutan avgas tadi diatur karburator Keihin PE 28 dengan main jet 125 dan pilot jet 45.

Dengan isi silinder yang sudah besar, proses masuk campuran bahan dan udara ikut diperbesar. Klep Sonic diameter 28 mm dipercaya buat klep in. Sedangkan klep buang, andalkan 24 mm.


Durasi isapan dan buang sisa pembakaran juga diatur ulang lewat durasi kem. Durasi klep isap membuka 60 derajat sebelum TMA (Titik Mati Atas) dan menutup 38 derajat setelah TMB (Titik Mati Bawah). Sedangkan klep buangnya ‘ngebuka’ 56 derajat sebelum TMB dan menutup 38 derajat setelah TMA.

Akselerasi dari peran CVT ikut dipertimbangkan. Masih pakai per CVT asli bawaan pabrik, tetapi dipadu kampas ganda milik LHK dan roller yang juga aplikasi punya LHK 8 gram.

Menurut Utomo Zjioeo yang akrab di panggil Tomo, spek motor seperti ini sudah cukup bikin motor kenceng, “BeAT ini yang pegang rekor tercepat sementara di kelas 155 cc,” tutup bos tim TSS di Jl. Bendungan Jago Raya No, 6-7, Kemayoran, Jakarta Pusat. (motorplus-online.com) 

DATA MODIFIKASI
Ban depan : Vee Rubber 45/90-17
Ban belakang : Mizzle 60/80-17
Knalpot : TSS
CDI : BRT High Max
Karburator : Keihin PE 28 mm


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa