Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Kawasaki D-Tracker 250, Modif Efek Domino

billy - Rabu, 27 Februari 2013 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Punya kakak sepupu jago modifikasi menguntungkan. Karena, ilmunya bisa diserap lalu dikembangkan jika serius melakoninya. Itu yang sekarang dialami Ferdian Babenk. Pria ini, sepupu Alan Filly yang modifikator Alan Filly Modified (AMF) dari kota Gudeg alias Daerah Istimewa Yogyakarta.

Macam efek domino, Ferdian yang mulai aktif di dunia modif sejak dua tahun silam, mulai belajar dari abangnya yang sudah banyak malang melintang di dunia permodifan. Setelah paham dan yakin bisa, Ferdi mulai beraksi dari motor sendiri. Awalnya, milik teman kuliah dan sekarang merembet ke konsumen lain.

“Kawasaki D-Tracker 150 ini mulanya. Pasang ini, pasang itu. Ganti ini, ganti itu. Eh ternyata, hasilnya banyak teman-teman kuliah yang motornya minta dimodif juga. Terus berkembang deh hingga ke teman satu club. Sekarang, melayani konsumen dari luar daerah juga sih,” buka Ferdi yang kini buka workshop berlabel Maxworks Modifikasion (MM).


Ferdi sendiri mulai coba modif motornya dengan konsep supermoto racing. Namun, khusus di motor ini, diakuinya tidak banyak ubahan. Itu karena sok depan-belakang, swing arm, setang, sasis dan full body masih aslinya. Walah, jadi apa yang dimodifikasi tuh?

Sabar...! Nah, biar kelihatan ciri khas motor raja jalanan, ujung setang ditutup handguard variasi. Lalu kaki-kaki yang sudah jangkung, oleh Ferdi diganti pelek depan-belakang merek TK Japan diameter 17 inci. Kemudian dikasih karet bundar depan dan belakang merek Bridgestone Battlax BT090 yang 17 inci juga.

“D-Tracker aslinya memang berkonsep supermoto. Tapi, saya hanya ingin membuatnya lebih mantap. Makanya, diubah beberapa bagian yang dianggap perlu buat dongkrak tampilan. Seperti pasang slang radiator, rantai, handguard, handgrip dan juga mengkelir beberapa bagian part sesuai konsep,” lanjut warga dari Jl. Glagah Sari No. 108, Jogjakarta itu.

Selain tampilan luar, performa mesin pun wajib diupgrade biar tunggangan makin mantab mengaspal di berbagai medan. Oleh sebab itu, Ferdian ganti pengapian aslinya dengan CDI XCS Juice Box produksi Two Brother. Pengapian ini diklaim mampu memanipulasi timing pengapian. Sehingga, tenaga yang dihasilkan lebih baik. Apalagi saluran buang juga diganti knalpot keluaran FMF Racing.

“Karena modif buat harian, semua yang dipasang wajib safety dan fungsional. Terutama, di klub kami. Itu jadi patokan modifikasi. Tapi, biar sedikit bertenaga dan bisa buat turing jarak jauh, komponen di mesin wajib upgrade,” tutup dedengkot Tracker Kawasaki Super Moto (TKSM) Jogjakarta ini.

So, hasilnya bisa sobat lihat sendiri kan. Supermoto Kawasaki ini makin ajib deh!. (motorplus-online.com)

DATA MODIFIKASI
Lampu depan : HID Xeon
Slang radiator : NEX
Pengapian : XCS Juice Box
Knalpot : FMF
MM : 0856-93510000

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa