Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride New Viar Karya 200L, Ternyata Beloknya Susah

Otomotifnet - Selasa, 5 Mei 2015 | 11:48 WIB
First Ride New Viar Karya 200L, Ternyata Beloknya Susah
OTO-Rian
First Ride New Viar Karya 200L, Ternyata Beloknya Susah

Bagi Tester OTOMOTIF, mengetes skutik, bebek sampai moge sudah menjadi hal biasa. Nah beda cerita kalau mencoba motor roda tiga, baru kali ini nih.  
 
Jakarta - Latar belakangnya, ternyata banyak pembaca penasaran dengan motor yang banyak dipakai pengusaha kecil ini. Yakni motor tiga roda yang banyak dikeluarkan oleh produsen motor nasional. Seperti Viar Karya 200L yang kami tes kali ini.

Sebelum coba jalan, mengenali hal detail jadi menu utama. Seperti tuas cuk yang ada di setang kiri, maklum masih karburator. Lalu ada tuas kecil pemindah gardan untuk mundur, posisinya ada di atas tuas persneling. Saat diinjak ke belakang, otomatis motor mundur dan diiringi suara nit-nit-nit kayak truk lagi atret.

 
Mesin torsinya cukup besar dengan sedikit getaran

Lanjut tengok ke kiri belakang bawah, ada tuas yang nempel di bak, ternyata rem tangan. Sedang kalau mengamati panel spidometer, ada indikator tambahan yang jarang ada di motor, yaitu suhu mesin dan rem tangan tentunya.

Posisi duduk cukup santai, karena bisa menyandar ke bak yang dikasih bantal empuk, joknya pun empuk banget. Setangnya tinggi dan menekuk, sayang bahan terlalu tipis, digoyang-goyang lentur banget. Tuas rem belakang posisi di atas footstep, jadi mengoperasikannya bukan ditekan ujung kaki, tapi memang harus diinjak.

Putar kontak, aktifkan cuk, tarik kopling lalu pencet tombol starter, butuh 2-3 kali mesin baru mau menyala. Suara cukup halus, cuma getaran sedikit terasa di kaki dan setang. Kopling ringan dan tuas persneling empuk, enggak ada kendala pindah gigi. Lepas rem tangan yang hanya cukup 2 klik, lanjut jalan. 

 
Spidometer ada indikator suhu mesin dan rem tangan
 
Respon mesin 200 cc berpendingin cairan ini lambat, maklum diset untuk bawa beban sehingga pakai rasio sangat ringan. Gigi 1 enteng banget, 2-4 close sedang 5 terasa overdrive. Oh iya uniknya ketika deselerasi terdengar suara ngunggg...

Saat enggak membawa beban guncangan terasa banget, mengingat belakang pakai per daun, sedang depan teleskopis dengan per di luar. Dan yang beda dengan motor biasa soal handling, ketika belok tangan mesti melakukan usaha lebih, karena understeer, laju maunya lurus. Dan saat belok rasanya mau roboh ke samping, tapi ternyata kalau sudah biasa aman-aman saja.

Ancang-ancang membelok pun mesti agak jauh agar bak enggak nyangkut di tikungan, maklum bak lebar dan wheelbase mencapai 2.400 mm! Biar bisa merasakan jadi pengusaha sungguhan, sengaja dites membawa beban. Dipilih mengangkut botol air minum kemasan (galon).

Ternyata bak berukuran 2.000 x 1.330 x 860 mm (PxLxT) mampu memuat 28 buah botol. Dan dengan rata-rata tiap galon berbobot 19,7 kg, maka total yang diangkut 551,6 kg. Masih di bawah daya angkut maksimum 750 kg. 

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa