Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Test Ride Piaggio Zip, Kecil Tapi Lincah dan Lega

billy - Kamis, 15 Desember 2011 | 10:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Untuk kedua kalinya motorplus-online.com melakukan pengetesan Piaggio Zip. Kalau sebelumnya pada sesi first ride hanya putar-putar di sekitaran Sentul City, kali ini kita pakai harian!

Bentuknya yang mungil membuatnya jadi pusat perhatian. Panjangnya cuma 1.700 mm dan berat 95 kilogram. Apalagi kombinasi roda 10 inci dengan ban gambot 100/80 dan 120/70 makin terlihat gempal.

Tapi karena imut, jok terasa kurang lega ketika harus berboncengan. Jok lebarnya hanya nyaman untuk sendiri, selain luas juga empuk.

Posisi duduknya lumayan nyaman untuk pengendara dengan postur 165-170 cm, Pijakan kaki yang lega dan setang mungilnya mudah digenggam.

Posisi duduk yang nyaman ini berujung pada handlingnya yang menyenangkan. Meliuk lincah mudah dilakukan, apalagi wheelbase-nya cuma 1.200 mm. Selap-selip dikemacetan jadi mudah.

Suspensinya juga lembut, jalanan bergelombang dan lubang kecil bisa diredam meski masih terasa sedikit keras sampai ke pinggang. Mungkin karena diameter rodanya yang terlampau kecil, cuma 10 inci mirip Vespa PX series.

Sebaiknya sih rajin-rajin menghindari lubang, toh motor ini terbukti lincah. Yang terpenting ketika harus bermanuver jangan lupa untuk melihat kondisi belakang via spion, jangan sampai terjadi tabrak belakang gara-gara manuver mendadak.


Oiya, buat yang suka menikung cepat jangan kaget ketika belok ke kiri standar sampingnya tergerus aspal. Posisinya memang rendah.

Bagaimana dengan performannya? Mesin 4 tak 100cc 2 klepnya punya tenaga cuma 4,2 kW di 7.000 rpm. Uniknya mesin ini punya tenaga lumayan di putaran bawah. Saat gas dibuka sedikit menyentak.

Tapi... selanjutnya rambatan tenaganya halus. Bahkan kecepatan di speedometer cuma mentok sampai 75 km/jam. Dengan top speed hanya segini rasanya cukup lah untuk keliling komplek perumahan.

Konsumsi bahan bakarnya masuk dalam level sedang-sedang saja. Tes dalam kondisi jalanan normal seperti berkendara sehari-hari, motor ini menghabiskan 1 liter Pertamax untuk menempuh 34 kilometer. Itu sudah diajak ngebut, bermacet-macetan dan berjalan santai.

Fitur Minimalis, Bagasi Lega

Mengintip fiturnya hampir tak ada yang menonjol. Panel instrumennya sangat simpel, bahkan indikator bahan bakarnya cuma lampu kecil berwarna kuning. Kalau bensih habis, lampu akan menyala.

Tapi urusan akomodasi lumayan lega. Bagasi di bawah joknya memiliki volume 7 liter, helm half face bisa masuk loh! Di bawah setang juga masih ada konsol bagasi lumayan lega. Untuk membukanya tinggal tekan kunci kontak.

Gantungan tas juga tersedia di atas konsol bagasi tadi, desainnya bulat seperti cincin dan bisa dilipat, sangat fungsional.

(motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa