Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing

Billy - Selasa, 26 Juli 2011 | 15:42 WIB
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing

First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
Beberapa waktu yang lalu sudah kita coba performa SYM Atilla, skubek asal Taiwan berdesain retro. Kini yang akan dites masih SYM tapi versi lain dari Atilla yaitu SYM Shark! Desainnya gambot khas skubek Eropa tapi masih pakai mesin 125cc, kaya apa ya rasanya? Yuks langsung jajal!

Desain Gambot, Banyak Fitur

Sebelum menjajal mari perhatikan desainnya. Pertama kali melihat pasti akan langsung merasa skubek ini gede banget untuk ukuran postur tubuh orang Indonesia yang umumnya enggak sampai 170 cm.

SYM Shark punya sorot LED berwarna biru di setang dan sudah dilengkapi dengan head lamp H4 yang sangat terang. Joknya juga dibuat lebar dan panjang, pastinya bikin nyaman sang pengendara. 

First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
Tapi yang menarik adalah ruang bagasi di balik jok, luas banget! Sayangnya meski luas tapi enggak dalam, sehingga helm tidak bisa masuk ke dalam bagasi yang sudah dilengkapi dengan lampu penerangan ini.

Masih sama seperti Atilla, ada banyak fitur disematkan dalam motor ini. Misalnya anak kunci yang dilengkapi dengan remote. Remote ini berfungsi sebagai alat pembuka jok. Hanya dengan menekan dua tombol secara berbarengan, kunci jok sudah akan langsung terbuka.

Remote juga bisa digunakan untuk mencari lokasi parkir. Pencet salah satu tombol maka dengan sendirinya alarm berbunyi. Jadi enggak repot lagi deh cari posisinya. Oiya untuk membuka jok, selain pakai remote juga bisa dengan memencet tombol di setang sebelah kanan.

Mau isi bensin? silahkan putar kunci kontak ke kiri sambil menekan untuk membuka laci konsol di bawah setang. Dalam laci inilah letak moncong tutup tanki. Untuk membukanya tekan tombol di kanan dan kiri tutup tanki secara bersamaan. Sedang memasangnya kembali tinggal tekan. Praktis! Tanpa harus turun dari jok.

Pada panel indikator yang terletak di setang, terdapat info lampu sein, lampu jauh, speedometer, fuel meter, oil indikator serta indikator posisi standar samping. Kalau standar samping belum terlipat lampu warna merah akan terus menyala.

First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
Bisa Lari 110 km/jam

Secara bentuk memang jauh lebih besar dari Atilla, tapi basic mesinnya masih sama loh! Sama-sama 125 cc. Wah, 125 cc untuk bodi segambot ini? Diputaran bawah, mesin yang suaranya halus ini memang terasa agak "lemes".

Seperti tertahan dan sulit mendapatkan tarikan yang responsif. Tapi saat motor sudah melaju kencang di atas kecepatan 60 km/jam baru terasa ringan. Buka terus, top speed mentok di 110 km/jam.

Sedang posisi duduknya nyaman, kaki lega dan setang enggak terlalu tinggi. Sayangnya standar samping di sebelah kiri terlalu rendah. Jadi jangan kaget kalau sesekali menyentuh aspal.

First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
First Ride SYM Shark, Cocok Untuk Turing
Buat pengendara yang suka cara riding agresif mungkin kurang suka dengan karakter SYM Shark. Sudah putaran bawahnya kurang responsif, bawanya juga enggak bakal lincah karena dimensi.

Tapi untuk pecinta turing atau yang harus berlama-lama di atas motor, baru deh cocok. Posisi duduknya nyaman, suspensi lembut dan ringan diputaran atas rasanya bisa memenuhi kebutuhan perjalanan jauh. 

Soal harga, skubek bongsor ini dijual Rp 16,9 juta (on the road Jakarta). Dirakit di Indonesia oleh PT Sanyang Industri Indonesia (SII). Sedang penjualan di wilayah Jakarta dan sekitarnya ditangani oleh PT Sentrakarya Ekamegah (Sun Motor). (motorplus-online.com)

Editor : Billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa