Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

First Ride Honda Zoomer, Terondol Unik Dari Jepang

billy - Selasa, 14 Juni 2011 | 15:18 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Beberapa hari yang lalu pernah disinggung kehadiran motor-motor kecil dari Jepang yang masuk ke Indonesia lewat importir umum (IU). Bentuknya yang unik bikin kru motorplus-online.com ngebet untuk mencoba.

Untungnya, gerai IU Probike di Jl. Panjang Arteri Kelapa Dua No.88A, Kebon Jeruk, Jakbar punya unit Honda Zoomer yang ready stock. Yuk kita jajal motor yang kabarnya dijual Rp 60 jutaan ini!

Desain, Terondol Unik

Bentuknya yang unik membuat siapa saja yang mengendarainya bakal jadi pusat perhatian. Keunikan pertama ada pada desain bodinya yang super minimalis. Bagian belakangnya terondol hanya rangka, sedang bagian bodi yang ada warnanya cuma di bagian depan, tepatnya di bawah setang.

No caption
No credit
No caption

Oiya jangan berpikir kalau bagian ini adalah tanki, yang benar adalah ruang aki dan segala perangkat kelistrikan. Sedang tankinya ada di kolong, tutup tankinya ada di dek bawah. Enggak perlu turun dari jok. Asik kan!

Bagian buntut yang nampak telanjang ini berguna untuk menyimpan banyak barang. Kalau cuma tas berukuran sedang atau skateboard bisa dengan lapang diletakan.

Fitur, Minimalis

Bentuknya minimalis, fiturnya juga minimalis. Coba tengok indikatornya, hampir tidak ada info lainnya kecuali kecepatan dan self diagnosis untuk sistem injeksi bahan bakarnya.

No caption
No credit
No caption

Rumah kunci setangnya sudah dilengkapi dengan pengaman bermagnet, tapi untuk membuka jok dan tutup tanki di dek pijakan kaki tetap harus menggunakan anak kunci secara manual.

Di setang lebarnya, sudah tidak ada lagi saklar lampu utama. Artinya sudah mengaplikasikan automatic headlamp on (AHO).

Performa, Cuma 60 km/jam

Mesinnya cuma 49cc, satu silinder 4 tak dan sudah dilengkapi injeksi bahan bakar PGM-Fi. Tenaganya cuma 4,2 Ps di 8.500 rpm. Powernya ini cuma setengahnya bebek di Indonesia hehee.. Jadi jangan berharap banyak sama larinya, di speedometernya saja hanya tertera kecepatan sampai 60 km/jam.

Tapi soal akselerasi lumayan responsif, enggak selambat yang dibayangkan sebelumnya. Tapi, untuk berkendara sendirian dan jalan-jalan di dalam kota, rasanya enggak ada masalah. Masih enjoy!


Handling, Lincah Meski Gambot

Duduk di atas joknya, rasanya langsung pas. Cukup luas untuk sendiri tapi maksa kalau buat berboncengan. Memang idealnya alas duduk ini hanya untuk solo riding. Dek pijakan kakinya luas dipadu setang lebar dan tinggi, posisi berkendaranya jadi nyaman banget.

Rodanya pakai lingkar 10, mirip Vespa PX. Tapi karena bannya tebal semi-offroad dan suspensinya cukup lembut, getaran akibat jalan bergelombang bisa diredam dengan baik. Wheelbase-nya yang hanya 1.265mm masih lumayan lincah di jalanan macet sekalipun. (motorplus-online.com)

Spesifikasi:
PxLxT: 1,860 × 0,735 × 1,025m
Wheelbase: 1.265m
Ground clearance: 0.145m
Kursi jok: 0.735mBerat: 87kg
Kapasitas tempat duduk: 1 orang
Turning radius: 1.9m
Tipe mesin: 4-tak satu silinder OHC
Total displacement: 49cc
Bore × stroke: 37,8 × 44,0mm
Rasio kompresi: 1:12.0
Maksimum output: 4.2 Ps / 8,500 rpm
Maksimum torsi: 4.0 Nm / 5.500 rpm
Sistem bahan bakar: electronic (PGM-FI)
Kapasitas tangki: 4.8 l
Transmisi: V-matic
Ukuran ban depan: 120/90-10 57J
Ukuran ban belakang: 130/90-10 61J


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa