Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Atasi Jarum Bensin Vespa S Ngaco, Masalahnya Ada di Pelampung

Otomotifnet - Selasa, 31 Maret 2015 | 11:37 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bikin pusing memang kalau gerakan jarum bensin sudah ngaco. Baru saja isi di SPBU, eh..jarumnya sudah nyender di E (empty). "Saya pikir ada kebocoran, saya endus-endus tapi enggak ada bau bensin. Pas lihat tangki bensinnya masih banyak, sama kayak habis ngisi. Kenapa yah?" tanya Wandi H, pemilik Vespa S yang sedang bermasalah.

Setelah ditelusuri, menurut Hatta dari bengkel Motrattivo Workshop and Accessories (MWA) hanya ada satu masalah. "Pelampungnya sudah kena. Biasanya umur pakai bisa lima tahunan, tapi enggak jadi patokan juga sih. Harga kisaran Rp 500 ribuan," ucap pria yang ngepos di Jl. Setia Budi, Pamulang Timur, Tangsel.

Masih lanjutnya, kerusakan bisa terjadi karena ada kotoran yang menghambat gerakan pelampung, kalau cuma ini sih tinggal copot dan bersihkan. Seandainya sudah tidak berfungsi, berarti harus diganti dengan peranti baru. Urusan bongkar-pasang, sebaiknya serahkan ke mekanik yang mengerti soal skutik Vespa atau Piaggio.

Sebab lumayan ribet bray! Urutan ringkasnya mesti lepas cover aki dan akinya, box bagasi, sepatbor belakang, sok belakang dan lampu rem. Nah, untuk mempersingkat waktu kita langsung menuju pelepasan tangki dari dudukannya seperti pada gambar berikut ini. • (otomotifnet.com)


No caption
No credit
No caption

Ada dua baut pegangan atas ke tangki dari dudukan rangka, lepas dengan kunci T-8

No caption
No credit
No caption

Setelah itu satu baut lagi berada di balik lampu belakang. Pertama buka dulu lampu rem dengan obeng kembang, kemudian gunakan lagi kunci T-8.

No caption
No credit
No caption

Kalau sudah copot, lanjut melepas pelampungnya. Gunakan obeng minus sambil diputar ke kanan

No caption
No credit
No caption

Ini dia biang keroknya, bentuk pelampungnya seperti tabung, beda dengan skutik lain


Baru ketahuan bila motor sedang hidup, jarum bensin tidak langsung naik

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa