Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Substitusi Part KTM Duke 200, Bisa Pakai Motor Jepang!

Otomotifnet - Rabu, 4 Februari 2015 | 10:23 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta - Pengguna KTM Duke 200, banyak yang menggunakan motor 200 cc ini sebagai tunggangan turing. Dealer dan bengkel yang masih jarang ada, mau tak mau membuat pengguna Duke 200 sedikit was-was kala melakukan perjalanan jauh. Terutama bagi mereka yang tidak melakukan cek and ricek motornya.

Kalau ada komponen yang sudah saatnya diganti karena umur pakai lalu bermasalah, bisa berabe urusannya. Tapi was-was bisa diredam kalau tahu part-part Duke 200 bagian mana yang ada substitusinya.

"Ada beberapa part yang bisa disubstitusikan dengan bawaan motor produksi pabrikan Jepang dan salah satu contohnya Honda Tiger," kata Topo Goedel Atmodjo, owner Tauco Custom Motorcyle di Jl. Jagakarsa, Jaksel.

Ian Rambe, owner Duke 200 keluaran 2013 pernah diingatkan soal substitusi tersebut. "Pihak terkait enggak menyarankan untuk melakukan substitusi part. Kalau hal itu dilakukan, maka suatu saat ada kendala, enggak bisa diklaim ," jelasnya.

Memang warning-nya seperti itu, benar adanya. Tapi bagaimana ketika dihadapkan dalam kondisi yang mendesak?  Berikut beberapa komponen yang bisa dijadikan substitusi, saat situasi dan kondisi darurat;


- Handel rem punya Bajaj Pulsar atau Kawasaki NS200 yang selisih harganya cuma tiga per empat dari harga orisinal dapat dipakai. Handel rem orisinal dijual Rp 200 ribu dan mempunyai bahan yang lebih tebal.

- Rantai bisa memakai kepunyaan Kawasaki Ninja 250, yang lebarnya 520 milimeter tetapi harus menambah sekitar 4 mata karena wheelbase KTM DUKE lebih panjang. Parts orisinal ini dijual dengan harga Rp 700 ribu.

- Kampas Kopling dengan platnya orisinal dijual Rp 1,2 juta, punya kesamaan milik Kawasaki Ninja 150R atau Honda Tiger. Tapi tenaganya kurang responsif dan lebih cepat habis, usia pemakaian sekitar tiga bulan.

- Gir belakang dan rantainya, bisa ‘pinjam’ dari Honda Tiger karena sama-sama punya ukuran 520 mm. Untuk gir depan, bisa gunakan Honda GL Pro Neotech.

- Rantai bisa memakai kepunyaan Kawasaki Ninja 250, yang lebarnya 520 milimeter tetapi harus menambah sekitar 4 mata karena wheelbase KTM DUKE lebih panjang. Parts orisinal ini dijual dengan harga Rp 700 ribu. • (otomotifnet.com)

Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa