Kampas Kopling Aftermarket, Pilih Sesuai Kebutuhan

Dimas Pradopo - Rabu, 17 Desember 2014 | 15:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Biasanya orang-orang yang mengganti kampas kopling standar dengan produk aftermarket, doyan memacu adrenalin di atas tunggangannya
Kampas kopling standar, biasanya dijadikan salah satu tersangka kurangnya akselerasi motor baik tipe bebek maupun sport. Dengan dalih seperti itu, maka banyak pemilik motor tersebut yang menggantinya dengan produk aftermarket.

“Biasanya orang-orang yang mengganti kampas kopling standar ini doyan memacu adrenalin di atas tunggangannya,” kata Hashim Sonedi, salah satu mekanik balap Tanah Air.
Makin hari seedgoers semakin banyak ini memicu munculnya produk-produk kampas kopling aftermarket. Enggak hanya dari mereknya yang beragam, produsen juga menawarkan beberapa ragam bahan kampas kopling bikinan mereka. Mau tahu apa saja bahan kampas kopling yang beredar di pasaran? • (otomotifnet.com) 

Kevlar
No caption
No credit
No caption

Jenis ini paling banyak pilihan merek, dari yang buatan lokal samapai dengan impor. Produk buatan lokal, diantaranya CLD, AHRS, KAWAHARA dan WRX. Daytona dan TDR, bisa dikategorikan merek impor.Kelebihannya lebih awet dan enggak gampang gosong. Terutama bila pemakaian seperti  diajang balap atau kalau dipakaikan pada Kawasaki KLX150S untuk adventure.

“Namun pakai kampas kopling Kevlar, bikin oli mesin cepat berwarna hitam,” kata Surhartanto ‘Kupret’, mekanik balap nasional.
Harga belinya, tergantung tipe motor. Ada yang sampai Rp 500 ribu dan ada juga yang masuk dikisaran Rp 250 ribu saja.

Keramik

Produsen brand internasional seperti TDR dan brand lokal AHRS, memiliki produk kampas kopling berbahan keramik. Tentu bukan full keramik, pasalnya akan licin kalau diaplikasikan di mesin.
Dengan bahan campuran tertentu, bahan keramik mampu menghasilkan gaya gesek maksimal pada permukaan kampas kopling sehingga mengoptimalkan akselerasi spontan. Keramik juga diangggap tangguh pada suhu yang tinggi.

“Kelebihan yang dihasilkan kampas kopling jenis ini, memang cocok buat motor yang harus kerja keras atau performa tinggi. Tapi akan lain cerita bila dipakaikan pada motor-motor standar,” ungkap Hashim.Untuk menebus kampas kopling berbahan keramik, enggak semahal Kevlar. Range hargaya Rp 150-300 ribu.
 
Rockwoll
Secara kasat mata, memang enggak terlihat jelas perbedaan bahan kampas kopling yang satu ini dengan. Ketebalannya juga sama dengan kampas kopling berbahan lain.

Namun Jessy Liga Siswanto memastikan bahwa bahn Rockwoll pada kampas kopling Kawahara lebih tahan terhadap suhu panas yang ada di mesin balap dan bahan ini juga lebih tahan terhadap gesekan saat mesin dipaksa bekerja lebih keras dari biasanya. Memiliki pengaruh pada mesin balap, bisa jadi kurang nendang buat motor harian bro. Banderolnya antara Rp 165-200 ribu. 

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa