Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rekondisi Suzuki Thunder 125, Modal Rp 1,2 Jutaan Beres!

Dimas Pradopo - Senin, 17 November 2014 | 17:25 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Tahu enggak, dengan bahan motor Suzuki Thunder 125, bisa digunakan sebagai tunggangan harian atau turing bahkan cakep juga untuk basic modifikasi gaya cafe racer? Tapi kalau dapat bahannya yang sudah keluaran lawas seperti 2007, maka wajib menjalani prosesi rekondisi dan itu bisa dimulai dari kaki-kaki, kelistrikan, sampai mesin.

“Tujuannya agar performa dan handling besutan tetap enak dikendarai dan dana yang wajib disiapkan sekitar Rp 1,2 jutaan,” ucap Sidiq, mekanik Thunderist Pitstop, di daerah Lenteng Agung Raya, Jakarta Selatan.

No caption
No credit
No caption

Dana yang disebutkan itu, di antaranya dipakai untuk cek dan ricek bagian kaki-kaki. “Part yang sering kena pada bagian ini adalah bushing arm (gbr.1). Karena bentuk peranti itu modelnya kayak huruf A. Rusaknya akibat entakan motor, sehingga cepat aus dan ongkos jasa hanya Rp 120 ribu. Trus, buat sil sokbreker dan sok belakang cukup dilirik aja. Kalo bocor ganti baru, dong!” beber pria berlogat Sunda ini.

Bagian kelistrikan jadi langkah lanjutan yang diambil dalam proses rekondisi. Performa sepul yang sudah menurun, bikin mesin Thundie ogah-ogahan hidup. Kalau sudah ngadat, sebaiknya siapkan budget sekitar tebus Rp 315 ribu untuk ganti baru.

Setelah bagian sepul di cek atau bahkan dilakukan penggantian, jangan lupa ‘colek’ sumber kelistrikan alias akinya juga. Apakah masih oke atau sudah tekor?

Nah, di sektor mesin, sebaiknya dilakukan servis besar. Dengan dana Rp 450 ribuan, servis besar sudah termasuk pengantian oli mesin, cek rantai keteng (gbr.3) dan karet tensioner-nya. Trus, lihat juga piston dan ring piston, kalo lemah mending ganti atau di-oversize.

Kelar itu, kita cek peranti pengabut bensinnya. Karena karburator masih model vakum, maka komponen yang sering terjadi di skep karbu. “Lebih enak ganti peranti lainnya. Bisa pakai part copotan dari Yamaha RX-King (gbr.4). Harganya cuma Rp 800 ribu sudah dapat manifold dan jasa pasang,” saran mekanik spesialis motor Thunder ini.

Langkah terakhir, jangan lupa mengecek pula kampas kopling dan per kopling si Thunder. Substitusinya bisa gunakan kampas kopling Suzuki Satria 150F. Buat per kopling tidak perlu ganti, karena bisa mengakali dengan menambahkan ring di per kopling tersebut. Pergantian itu semua biasa dibanderol Rp 315 ribu.

Nah, kalau semua sudah direkondisi ataupun ganti baru, riding kemana aja bakal jadi aman dan nyaman. Selamat meminang Thundie, bro! (mobil.otomotifnet.com)

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa