Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rekondisi Suzuki Thunder 250, Penyegaran Umur 10 Tahun

Dimas Pradopo - Kamis, 16 Oktober 2014 | 08:35 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption



Suzuki Thunder 250 merupakan salah satu motor yang cukup punya nama di sini. Namun sayang, masa edarnya enggak begitu lama, hanya 6 tahun saja sejak tahun 1999 sampai 2005. Padahal banyak penggunanya yang merasakan kepuasan berkendara, salah satunya karena kenyamanan dan mesinnya yang dirasa cukup bertenaga. Makanya unit bekasnya kini banyak diburu.

Mengingat usia motor yang sudah mencapai 9 hingga 15 tahun, tentunya sudah sangat dibutuhkan refreshment mesin. Tentu supaya mesin kembali segar lagi dan siap dipakai untuk berkendara. Lalu apa-apa saja yang harus diganti? Welly dari Karisma Motor (KM), bengkel spesialis Suzuki Thunder 250, siap membantu. Lalu ini dia part yang harus diganti atau diperiksa.

No caption
No credit
No caption

Mesin
Wajib melakukan servis besar untuk membersihkan ruang bakar sekaligus cek keausan piston dan ring piston. “Selama ring dan piston masih bagus, enggak perlu ganti. Kalo sudah aus ganti satu set Rp 550 ribu. Disarankan porting-polish supaya tarikan lebih enteng dan mesin bersih,” saran Welly.

Kelistrikan
Termasuk salah satu bagian yang rawan rusak di motor 250 cc 1 silinder ini. “Umumnya soket pada regulator yang bermasalah, solusinya kabel kiprok dilangsungin ke aki,” kata pria ramah ini. Biayanya murah saja, cukup Rp 25 ribu.

No caption
No credit
No caption

Kopling
Yang namanya dipakai, tentu kampas kopling wajib dicek supaya enggak ada gejala selip kopling. Perhatikan karet-karet rumah kopling berikut kampasnya. Siapkan dana Rp 450 ribu untuk tebus kampas koplingnya.

Gir Set
Part transfer daya mesin ke roda ini wajib ganti mengingat fungsinya yang cukup vital. “Harga gir set original Rp 1,2 juta, atau bisa juga pakai merek aftermarket atau beli secara satuan, bukan set. Harganya tentu berbeda-beda tergantung merek yang mau dipakai,” beber pebengkel di Jl. Cinera Raya, Depok ini.

No caption
No credit
No caption

Ban
Jika sudah mulai menipis, sebaiknya langsung diganti. Pilihan ban untuk motor ini cukup beragam di pasaran, Anda tinggal pilih merek dan model kembangannya. Harga yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu untuk merek lokal hingga jutaan jika Anda berniat pakai ban merek import.


Oli dan filter oli
Sudah pasti wajib ganti ketika melakukan servis ringan atau besar. Oli mesin sendiri memerlukan 1,5 liter setiap penggantian berkala. Jadi wajib beli 2 botol kemasan 1 liter. “Disarankan sekalian tebus filter olinya seharga Rp 40 ribu. (motor.otomotifnet,com)

Karisma Motor: 021-93132641

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa