Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Voltmeter di Suzuki Nex FI, Praktis Intip Tegangan Aki!

Dimas Pradopo - Kamis, 19 Juni 2014 | 17:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption


Jakarta
- Sisa pulsa listrik di rumah, emang bisa kita pantau, brosis. Tapi gimana dengan tegangan kestabilan arus listrik yang ada di besutan kesayangan bisa dideteksi, gak? Apalagi kalo di tunggangan banyak pasang berbagai macam lampu aksesori tambahan.

Bingung, brosis? Gak usah. Sekarang kita bisa kok, melakukan pendeteksian. Caranya, bisa pergunakan alat pantau yang banyak dijajakan di toko aksesori. Seperti dilakukan Ardiansyah di Suzuki Nex FI miliknya.

“Motor ini sudah ganti HID, kelistrikan juga menjadi DC. Karena dipakai sama istri, makanya gue pasang voltmeter. Biar bisa memantau ketegangan arus listrik skutik 2014 itu ketika menyalakan besutannya,” papar Ardiansyah.

Namun, ayah 2 anak ini memberikan penjelasan sebelumnya ke Riana, istrinya. Untuk itu, sang ibu dari 2 anak ini mengerti, berapa minimal arus listrik standarnya (12 volt) alias tekor aki atau enggak.

Bagi pengguna Nex FI yang ingin pasang di skutik imut, gesit dan lincah alias Nex injeksi ini bisa mengikuti langkah-langkah yang diberikan Ardi berikut. Komponen yang dibutuhkan, tentunya voltmeter digital yang ada di berbagai toko aksesori.

Pria yang tinggal di daerah Kedaung, Pamulang, Tangsel ini menggunakan produk aftermarket berlabel Mini Digital Voltmeter kisaran harga Rp 85 ribu – 100 ribuan. Sedang penyambungan kabel peranti itu cukup simpel dan mudah, lo!

Yuk, lihat pasangnya!

No caption
No credit
No caption

1. Pertama, buka 6 baut bodi depan. Karena leher batok setang depan mentok bodi dan perkakas yang dibutuhkan obeng kembang

No caption
No credit
No caption


2. Lalu, buka 3 baut batok setang depan dan belakang

No caption
No credit
No caption

3. Posisi voltmeter berada di atas tombol starter elektrik dengan cara dicoak pakai cutter dan jangan lupa dilem biar gak lepas



4. Dua kabel merah dan hitam dari komponen aftermarket itu disambungkan ke soket ampere bensin berkelir orange dan hitam-putih yang ada di spidometer. Gampang kan!    (motor.otomotifnet.com)

 


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa