Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Upgrade Performa Honda BeAT FI Modal Rp 3 Juta, Ini Hasilnya!

Dimas Pradopo - Jumat, 9 Mei 2014 | 11:38 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

"Bore-up ukuran segitu sudah enak dipakai harian dan ditambah beberapa peranti lainnya,”


Jakarta - Bentuknya gak terlalu kecil dan simpel, sehingga banyak peminatnya untuk meminang Honda BeAT FI ini. Dengan handling yang cukup lincah ini, wanita atau pria cukup enak buat merasakan kenikmatan riding di atas besutan 110 cc tersebut.

Apalagi yang doyan meng-upgrade performa BeAT injeksi tersebut. Pasalnya, part racing yang dijajakan sudah tersedia diberbagai gerai racing dan bisa diaplikasikan Plug ‘n Play agar tarikan makin maknyus alias lebih enteng.

“Tarikan aslinya sudah cukup enak. Tapi, karena gue pengin lebih enteng, mesin di-upgrade dengan ganti seher Kawasaki Kaze diameter 54 mm. Bore-up ukuran segitu sudah enak dipakai harian dan ditambah beberapa peranti lainnya,” Fendy Hartono, pemilik BeAT FI, keluaran 2013 ini.

Wah, tim OTOMOTIF jadi pengin tahu hasil ubahan mesin garapan Bewok dari Bewok Garage (BG) di Jl. Kav. Polri, Daan Mogot, Jakbar ini. Untuk itu, dilakukan pengetesan di atas mesin Dynojet di bengkel Ultra Speed Racing Jl. Panjang, Jakbar.

Garapan mesin yang sudah menghabiskan dana sekitar Rp 3 jutaan ini mampu mengail tenaga dan akselerasi yang cukup besar. Yakni, mencapai 12,06 dk/7.492 rpm dan torsi berkitir di 11.07 Nm/7.250 rpm. Sedang power pabrikan sekitar 8 dk dan torsi di angka 8 Nm. Wew!

No caption
No credit
No caption

THROTTLE BODY
Agar pasokan lebih deras dan bisa menyanggupi kebutuhan di ruang bakar, maka throttle body standar diganti dengan kepunyaan Honda Vario 125 dan penyuntik bensin alias injector pakai Honda PCX 150.
No caption
No credit
No caption

Piston
Piston sejuta umat ini cukup banyak yang mengaplikasikan di besutan harian maupun untuk balap. Pasalnya, mencari seher Kawasaki Kaze tersebut cukup mudah. Dengan itu, kapasitas mesin skutik sayap ngepak ini naik kelas menjadi 125,8 cc dan power makin bertenaga.

No caption
No credit
No caption

CVT
Akselerasi awal terasa lebih cepat, tapi melihat hasil grafiknya tenaga di atas menjadi menurun. Waduh! Dikarenakan roller memakai ukuran 7 gram merek KTC yang memadukan puli depan dari SPS dan per CVT 1500 RPM Kitaco.
No caption
No credit
No caption

KNALPOT
Akibat membengkaknya ruang bakar, maka saluran pembuangan juga harus bisa memberikan sumbangsih yang cukup besar. sehingga gas buang gak tertahan oleh sekat di silinder knalpot. Peranti tersebut menggunakan silencer bawaan yang dibobok dan leher knalpot pakai merek Tsukigi.
No caption
No credit
No caption

ECU
Karena berteknologi injeksi, maka otak pengapiannya harus menyesuaikan volume kapasitas mesin agar gak terjadi ngelitik atau knocking. ECU standar pabrikan masih digunakan, namun piggyback yang berlabel API Tech produk Thailand ini juga ikut dipasang. (motor.otomotifnet.com)

Data TEST

Power   
Standar : 8.5 dk/8.000rpm
Upgrade : 12.06 dk/7.492 rpm

Torsi
Standar : 8.6 Nm/6.500rpm
Upgrade : 11.07 Nm/7.7250 rpm


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa