Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Yuk Pasang Indikator Gigi di Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS

Dimas Pradopo - Senin, 10 Maret 2014 | 09:11 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Akibat iseng membaca buku manual KTM Duke 200, Hardian Hakim terinspirasi pasang indikator gigi di Kawasaki Bajaj Pulsar 200NS miliknya. “Ternyata punya Duke ada indikator gigi, berarti Pulsar bisa dipasangi juga,” terang Andi, sapaannya.

Maklum saja, Duke 200 dan Pulsar 200NS punya basis mesin yang sama. Dan Duke 200 punya indikator gigi di spidometernya. Maka langsung lah dibongkar bak magnet P200NS, untuk melepas neutral indicator switch atau sakelar netral.

“Biar bisa pasang indikator gigi, awalnya sakelar netral mau dibor untuk pasang sensor tambahan, ternyata susah. Jadi bikin baru pakai teflon,” imbuh sarjana teknik elektro ini. Pantas jika ngelotok untuk utak-atik komponen elektronik. Untuk display pakai yang biasa dipakai untuk indikator gigi, “Lalu bikin driver display pakai dioda,” imbuhnya. Sehingga panel display bisa menunjukkan angka dari 0 atau netral sampai 6.

Singkat cerita setelah terpasang dan berfungsi sempurna, ternyata banyak yang minat. “Ya terpaksa bikin deh, tapi biar murah indicator switch dibikin pakai resin, kalau teflon terlalu mahal, bubutnya saja habis Rp 100 ribu,” ujar Andi sambil menyebut paket indikator gigi bikinannya ditawarkan Rp 200 ribu.

“Pemasangan bisa dibantu, posisi gigi bisa di dalam spido seperti punya saya atau kalau malas bongkar spido ya ditaruh di atasnya,” tutup Andi yang beralamat di Jl. Tridharma Utama 3 No. 27, Cilandak, Jaksel ini. Mau?

No caption
No credit
No caption

1. Indikator setelah terpasang, enggak buta lagi ada di gigi berapa


2. Ini perangkat yang disiapkan, cukup Rp 200 ribu.

3. Neutral indicator switch di-custom jadi punya 7 sensor, 1 netral 6 gigi.

4. Driver, isinya rangkaian diode.

5. Display 7 garis, jadi bisa nunjukin netral sampai 6. (motor.otomotifnet.com) 

 
Hardian Hakim : 0812- 93660496

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa