Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Pasang Pelek dan Ban Lebar di Honda New MegaPro FI

billy - Kamis, 20 Februari 2014 | 11:37 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Bawaan lahir, Honda New MegaPro FI (NMP-FI) dibekali swing arm lebih lebar dari saudaranya, New MegaPro (NMP). Tepatnya menjadi 21 cm yang sebelumnya 19,6 cm.

Menariknya pelek yang digunakan tetap sama, jadi kalau berencana aplikasi pelek aftermarket dengan tapak lebih lebar tidak usah khawatir. Pasalnya sudah ada beberapa merek yang beredar di pasaran.

"Pelek NMP dengan NMP-FI sama persis. Beberapa komponen yang berubah menyesuaikan lebar swing arm NMP-FI, yakni pada dudukan gir belakang (flange final driven). Sebelumnya 28 mm, sekarang menjadi 39 mm. Lalu bushing dudukan gir belakang (sleeve rear wheel) NMP-FI dibikin lebih panjang," terang Sarwono Edhi, Technical Training Manager Astra Honda Training Center (AHTC).

No caption
No credit
No caption

Pilihan ban tapak lebar, cukup beragam. Pelek lebar yang sudah ada di pasaran, merek dan modelnya juga bervariasi.
Desain pelek Axio dan Chemco mirip seperti pelek Ninja 250.
Menurut Rudi Gunawan, modifikator Berkat Motor yang juga biasa bergelut dengan sektor kaki-kaki, untuk kenyamanan dan keamanan berkendara, pelek standar NMP bisa pakai ban lebar maksimal 110/70-17 (depan) dan belakangnya 120/70-17.

"Berhubung NMP-FI swing arm-nya lebih lebar dari NMP, menurut saya pelek belakangnya bisa pakai 130/70-17. Tapi tutup rantai rodanya mesti dicopot atau dicoak biar enggak mentok ban. Lalu bila akan pasang pelek aftermarket dengan lebar depan 2,5 inci dan belakang 3,5 inci, ukuran ban depan maksimalnya tetap 110/70-17. Sedangkan bagian belakang bisa pakai 130/70-17," imbuh pria yang ngepos di daerah, Kreo, Ciledug, Tangerang.


Mengandalkan ban 130/70-17, tutup rantai roda mesti dilepas atau dicoak
Soal pilihan pelek lebar, di pasaran ada merek; Chemco, RGV, Axio dan AMF. "Pelek Axio ukurannya 2,5 inci dan 3,5 inci. Modelnya seperti pelek Kawasaki Ninja 250. Harganya kisaran Rp 1.350.000 - Rp 1,5 juta/pasang," tawar Edo Lion, manager toko Expo Motor di kawasan Ciledug, Tangerang.

Plihan ban tapak lebar juga beragam, di antaranya ada; Michelin, Battlax, IRC, FDR dan Corsa. Sebagai contoh, harga ban Battlax BT45 ukuran 130/70-17 dibanderol Rp 1,1 jutaan/pcs. Nah, bagi yang berencana upgrade kaki-kaki NMP-FI tambah lebar dengan aplikasi ban gambot, tinggal sesuaikan isi dompet ente bro. Monggo! (motor.otomotifnet.com)  

Harga pelek aftermarket

Chemco (2,5 inci dan 3,50 inci) : Rp 1,4 jutaan
RGV (2,5 inci dan 3,50 inci) : Rp 1,3 jutaan
Axio (2,5 inci dan 3,5 inci) : Rp 1,5 juta
AMF (2,75 inci dan 3,5 inci) : Rp 1,1 juta
Expo Motor : 021-7317990


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa