Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Subtitusi Dumper Rantai Suzuki Satria F150, Cukup Rp 35 Ribuan!

billy - Rabu, 15 Januari 2014 | 09:31 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Heran bukan kepalang, dialami Badun, pembesut Suzuki Satria F150 lansiran 2013 yang belum lama ditebusnya. Tepatnya saat timbul suara berisik dari rantai roda, ketika melewati jalanan keriting atau bergelombang.

"Yang bikin saya heran, suara berisik itu tetap muncul meskipun setelan rantai sudah sesuai dengan standarnya. Nah setelah saya cari informasi ke beberapa teman bengkel dan pengguna motor yang sama, ternyata mesti ganti dumper rantai (DR) bawaan Yamaha Jupiter MX agar suara berisiknya hilang," beber pria yang tunggangannya baru dibeli Oktober lalu.

Nah setelah Badun mencoba bongkar sendiri dan menggantinya dengan DR MX, ternyata benar. "Modal Rp 35 ribu untuk tebus DR MX, suara berisik langsung bablas. Pemasangannya gampang, hanya butuh sedikit penyesuaian biar lebih ngeplak," yakin warga Puri Intan, Ciputat, Tangsel.

Nah bila mas bro lagi mengalami hal serupa, enggak usah khawatir lagi. Karena Badun bersedia blak-blakan dan mau berbagi solusi dari kasus tersebut. Indahnya berbagi!


1. Sepintas, DR MX (bawah) seharga Rp 35 ribu, hampir mirip dengan DR FU (atas). Tapi kalau dipegang, DR MX berbahan karet dan lentur sedangkan DR FU berbahan plastik dan lebih kaku.

2. Setelah diukur pakai sigmat, DR FU tebalnya hanya 2,57 mm. Tebal DR MX 10,48 mm. "Selain lebih tebal, juga mampu meredam benturan rantai lebih optimal. Sebaliknya, lantaran dumper FU berbahan plastik, saat terkena benturan rantai lebih berisik" ujar Badun.

3. Nah penyesuaiannya adalah dengan menghilangkan daging DR MX sisi dalam yang agak menonjol, menggunakan cutter. "Tujuannya agar nanti ngeplak dan pas dengan batang luar as swing arm FU," lanjut Badun.

4. Selanjutnya tinggal membongkar semua komponen roda belakang termasuk swing arm agar DR FU bisa terlepas. Sebelumnya siapkan kunci roda dan kunci as swing arm.

5. Kalau swing arm sudah terlepas dan DR FU sudah dicopot, tinggal pasang DR MX yang sudah disesuaikan tadi. Kemudian rakit kembali kebalikan seperti saat membongkarnya. "Lubang baut pengikat DR MX, posisinya juga sama dengan lubang baut DR FU. Tinggal plek," tutup pria bertubuh agak gempal. (motor.otomotifnet.com) 


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa