Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ganti Teratur Karet Cap Chamshaft Bajaj Pulsar, Cegah Oli Rembes

billy - Sabtu, 14 Desember 2013 | 09:01 WIB
No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pengguna Bajaj Pulsar 180, 200 dan 220 harus mewaspadai komponen satu ini. Jika dibagian atas lubang busi sebelah kanan terdapat rembesan oli, itu pertanda karet cap camshaft sudah waktunya diganti.

Karet yang bahasa awamnya penutup poros kem ini berfungsi menutup noken as. Kalo dimotor umumnya berupa tutup sentrik yang dibaut, kalo di Bajaj ini hanya berupa karet bulat.

“Karet bulat ini juga cuma dijepit head dan kop head, nah karena dijepit dan terkena panas terus, lama-lama akan getas dan oli mesin akan merembes keluar,” terang Agvendi Hassan, mekanik XO Motoshop. Efek oli rembes, volume oli di dalam mesin bakal berkurang dan menggangu pelumasan mesin.

Sayangnya, masa pakai cap chamshaft ini termasuk pendek, cuma sampai 6 bulan saja. “Kecuali pas pemasangan part barunya dikasih seal tape atau isolasi dulu, itu bisa sampai hampir setahun,” katanya Agven. Umur pakai yang singkat disinyalir karena kualitas karet bawaan Bajaj yang kurang bagus.

Harga untuk sebuah cap chamshaft ini memang gak mahal, cuma Rp 10 ribu. Tapi karena pemasangannya harus buka kop head jadi mahal dijasa pasangnya, bisa sampai Rp 25 ribu tuh. Total biaya jadi Rp 35 ribu.

Selain motor-motor tadi, Honda BeAT, Suzuki Satria F150 dan Bajaj Pulsar 135 juga pakai karet, hanya saja bentuknya juga menutupi celah antara head dan kop head. “Mirip paking, cuma yang ini berbahan karet, jadi lama-lama bisa getas dan oli bakal rembes juga,” wanti pria berkacamata ini.

Nah, coba dilihat itu sudah rembes belum?


1. Kalo di motor Bajaj Pulsar 180, 200 dan 220, bagian ini akan terlihat kotor karena oli bercampur debu

2. Bentuknya cukup kecil, harga juga murah sayang kualitas karet kurang bagus

3. Pakai seal tape melingkari pinggiran cap chamshaft secukupnya supaya umur pakailebih panjang

4. Posisinya memang hanya dijepit head dan kop head saja, tapi punya fungsi vital. (motor.otomotifnet.com) 


XO Motoshop: 081807574762

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa