Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cek Pengisian Sistem Kelistrikan, Diurut Satu Per Satu

billy - Selasa, 10 Desember 2013 | 14:10 WIB
No caption
No credit
No caption

 

Jakarta - Banyak yang mengeluh dan bertanya lewat email tentang sistem kelistrikan, masalah yang sering terjadi adalah aki drop sehingga kinerja sistem kelistrikan terganggu. Apa yang rusak dan apa yang harus dilakukan? Yuk kita bahas.

“Prinsipnya pengisian harus seimbang dengan pengeluaran,” buka Sriyono, instruktur di Astra Honda Training Center (AHTC). Dianalogikan seperti sebuah bak air, air yang mengucur dari kran harus seimbang dengan yang dipakai. “Kalau lebih besar yang dari kran akan over charge, sebaliknya kalau lebih kecil ya low charge atau drop,” lanjut pria yang akrab disapa Sri ini.

Nah mengapa bisa drop? Jika enggak ada tambahan aksesori kelistrikan seperti klakson atau lampu, bisa dipastikan sistem kelistrikan yang bermasalah. “Karena pabrikan sudah mendesain pengisian sesuai kebutuhan, kalau enggak ada masalah tentu enggak drop,” lanjutnya.

Pengecekan diawali dari voltase baterai (VB). “Yang normal tegangan minimal 12,4 Volt (gbr.1), kalau di bawah itu wajib dicas,” jelasnya. Sri melanjutkan, saat beli aki tegangan wajib dicek karena jika dibiarkan di dalam kemasan, setiap hari aki kehilangan tegangan 0,01 Volt. Makanya kalau terjualnya lama pasti sudah drop tuh.

No caption
No credit
No caption
Pemeriksaan selanjutnya adalah voltase pengisian (VP). Pakai AVO meter yang disetel di Volt (V), lalu hubungkan ke kutub aki saat mesin hidup (gbr.2). “Normal jika tegangan di atas VB dan di bawah 15,5 volt,” papar pria yang tinggal di Depok, Jabar ini. Jika enggak artinya aki atau kiprok tak normal.
No caption
No credit
No caption
Jika tegangan berada di angka lebih dari 14,5 Volt (gbr.3), menunjukkan pengisian juga tak normal, terjadi over charge. “Mungkin massa dari regulator lepas, sehingga arus berlebih tak bisa dibuang ke massa,” terangnya.
No caption
No credit
No caption
Setelah voltase pengisian, pemeriksaan selanjutnya arus pengisian. Masih pakai AVO meter tapi posisi Ampere (A). Kali ini mesti lepas kutub positif aki. Hubungkan positif AVO ke kabel sedang negatif ke kutub aki, lalu nyalakan mesin (gbr.4). “Saat stasioner kisaran 0,7 A, lalu maksimal 2,8 A dan stabil 2,6 A,” tunjuk Sriyono yang percobaan pakai Spacy PGM-Fi.
No caption
No credit
No caption
Terakhir yang diperiksa adalah kebocoran arus. Kali ini AVO meter diposisikan di mili Ampere (mA), lalu kutub aki yang dilepas yang negatif. Kabel positif AVO ke kabel sedang negatif AVO ke kutub aki (gbr.5). Oh iya pemeriksaan harus saat kontak off. “Maksimal kebocoran yang diperbolehkan 0,5 mA,” lanjut pria yang berkantor di Sunter, Jakut ini.

Kebocoran terjadi jika ada korslet, sehingga arus terbuang dengan sendirinya secara cepat. Mesti cari satu per satu kabel yang korslet. Kalau kebocoran di bawah 0,5 mA, periksa tahanan sepul. Normalnya kisaran 0,2-1 Ohm.

No caption
No credit
No caption
Kiprok
Dalam sistem pengisian regulator/rectifier atau yang biasa disebut kiprok punya peran sangat sentral. Fungsinya sebagai regulator sekaligus penyearah. Pertama penyearah tegangan dari AC jadi DC, lalu mengatur agar pengisian tak berlebihan. Kalau berlebih dibuang ke massa.

Sistem dalam pengisian ada 2, yaitu 1 phase dan 3 phase. 1 phase terdiri lagi jadi gelombang setengah dan penuh. Ciri setengah pakai 1 dioda, sementara yang penuh pakai 4 dioda. Nah yang 3 phase cirinya dari sepul keluar 3 kabel, makanya dalam 1 kali putaran tiap 120 derajat keluar satu kali pengisian. “Dipakai seperti di Vario 125 dan PCX, makanya kendati pakai idle stop aki enggak drop,” terang pria berkulit sawo matang ini. (motor.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa