Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pasang Piggyback API Tech di Honda BeAT FI, Bensin Makin Deras!

billy - Senin, 16 September 2013 | 18:10 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Populasi Honda BeAT FI dan Scoopy FI makin banyak. Kebutuhan racing part-nya pun makin tinggi karena makin banyak pula yang ingin meningkatkan performa matik andalan PT Astra Honda Motor (AHM) ini.

Masalahnya, pada motor injeksi tidak bisa dengan mudah menambah pasokan bahan bakar, padahal ini adalah salah satu hal mendasar yang harus dipenuhi kalau mau motor tambah ngacir. Ganti knalpot, pasti butuh tambahan bahan bakar. Apalagi yang sudah bore up, ruang bakar makin besar, bensin harus ditambah dong!

Di era karburator bisa dilakukan dengan cara mengganti spuyer, tapi kini semuanya sudah serba elektronik. "Tenang sudah ada piggyback bro. Ini keluaran API Tech dari Thailand," buka Ergus Oei dari R59 Racing di Jl Dewi Sartika No 32, Ciputat, Tangerang.

"Cara pasangnya mudah, enggak perlu potong kabel atau suntik kabel. Semuanya dengan soket jadi tidak merusak apapun," yakin pria ramah ini sembari mempraktekan memasang pada Honda BeAT FI standar keluaran 2013.

Pada paket ini, yang bisa diatur adalah suplai bahan bakar juga memaju mundurkan pengapian. Selain itu, untuk final seting juga bisa diatur pakai tiga tombol disebelahnya. "Fungsinya untuk mengatur suplai bahan bakar pada bukaan throttle 5-30 persen, 30-70 persen dan 70-100 persen," rincinya. Yuk ikuti prosesnya!


1. Pertama lepas dulu jok dan bagasi Honda BeAT FI. Lalu temukan CDI di balik bodi sebelah kiri. Lepaskan CDI dari soket kabel bodi. Lalu, pasang modul dari API Tech yang berwarna orange ke kabel bodi.

2. Selanjutnya pasang CDI ke modul orange tadi, pilih soket yang kecil. Modul orange ini terlihat ribet dengan banyak kabel, tapi sebenarnya berkat komponen inilah kita tidak perlu potong kabel atau merusak kabel bodi sama sekali.

3. Terakhir tinggal lakukan seting, putar saja dua tombol paling kiri. Tombol A untuk mengatur pengapian, bisa maksimal dimajukan atau dimundurkan 8 derajat. Sedang tombol B untuk jumlah semprotan bahan bakar. C, D dan E untuk menyempurnakan setingan akhir. (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa