Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Inreyen Untuk Motor Baru dan Lawas

billy - Senin, 27 Mei 2013 | 06:18 WIB
No caption
No credit
No caption


Baik itu motor baru atau motor lawas, usai oversize baiknya dilakukan pemanasan atau inreyen dalam jangka waktu tertentu. Itu biar enggak bermasalah di jalan. Perlakukan khusus ini dimaksudkan, agar mesin tahan lama dan tidak gampang menyebabkan kerusakan fatal.

Misal motor baru 4-tak. Biar kondisi mesin masih baru, bukan berarti bisa langsung digeber. Biar aman, nggak salah jika ganti oli baru dulu lalu dibawa jalan sebentar keliling kota.

Fungsinya untuk merontokkan gram yang masih menempel di komponen mesin. Setelah itu, ganti oli baru agar ikut terbuang.

Sedangkan buat motor oversize, tentu liner silinder habis dikorter. Nah, biar gerak naik-turun piston lancar ketika motor digeber, liner mesti dipoles ulang biar piston nggak gampang ngancing. Terutama ketika memuai akibat clearance liner dan seher terlalu sempit.

Cuma saat poles liner, baiknya gunakan batu hijau campur minyak tanah atau oli sebagai bahan pembatu pengikisan. Lalu oleskan ke liner, sebelum digesek berulang sama piston tanpa ring dengan cara naik-turun dari berbagai sisi. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa