Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Rotor Magnet YZ125 di Yamaha Jupiter-Z, Lebih Murah Dan Presisi

billy - Minggu, 5 Mei 2013 | 11:21 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Meski mahal, magnet spesial engine (SE) YZ125 masih jadi andalan di road race atau drag bike. Dengan bobot dan lingkar luar lebih kecil agar putaran mesin jadi ringan.

“Cuma kalau magnet YZ125 hasilnya kadang enggak presisi dan nggak stabil waktu berputar. Makanya saya bikin rotor dari besi khusus yang kemampuannya setara itu,” ujar Hawadis dari HDS Racing di Jl. Swatirta 28, RT 17/09, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Rotor magnet buat Yamaha Jupiter-Z, bentuknya lempengan bundar setebal 12 mm. Tidak seperti mangkuk layaknya YZ125. Tapi, kalau diukur diameternya, antara magnet YZ125 dan produk bikinannya hampir sama.

Yaitu, 75 mm. Kelebihan magnet ini bukan cuma murah, tapi proses bikinnya menggunakan mesin CNC (Computer Numerical Control). Jadi, lebih rapi dan presisi.


“Rotor magnet tersedia buat Jupiter-Z kelas 125 cc dan 110 cc. Untuk 125 cc, bobotnya 450 gram, 110 cc, antara 250-300 gram. Cuma, di rotor magnet 110 cc ada lubang pengurang bobot sekaligus balancer,” tunjuk Hawadis yang bilang part ini dipakai motor Hadi Wijaya dari R9 Racing Team saat tarung di PARRC Seri-1 Sepang, Malaysia. Hadi juara 2 race 1 dan race 2.

Rotor magnet dengan panjang tonjolan pick-up coil sekitar 39 mm, ternyata mudah diaplikasi juga diseting menggunakanan komponen pengapian aftermarket. Contohnya bila pakai CDI BRT Power Max atau produk lain yang sistem DC.

Pasang pulser yang baru juga dihitung masak-masak. “Yang pas buat pulser ada di baut pegangan tensioner bagian bawah. Kita juga sudah siapkan adaptornya dan tinggal pasang,” lanjut pemilik nomor HP 0813-1979-2999 yang jual part ini seharga Rp 700 ribuan.  (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa