Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Seting High Boost dan Low Boost

billy - Selasa, 14 Mei 2013 | 13:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

High boost adalah dimana turbo akan memberikan udara bertekanan maksimal, 1 bar. Sedangkan, low boost turbo hanya memberikan tekanan dalam keadaan standar kisaran 0,5-0,7 bar. Cara setingan turbo untuk menentukan high boost dan low boost, bisa atur melalui actuator wastegate.

Alat ini berfungsi seperti katup. Cara kerjanya seperti pemampatan. Bila katup dibuka, maka aliran akan lancar hingga tekanan akan rendah (low boost) dan bila katup sedikit ditutup maka aliran terhambat, ini menyebabkan tekanan akan bertambah (high boost). “Untuk seting boost ini, wajib hukumnya menggunakan alat bantu seperti dyno test,” bilang Detri.

Pasalnya, pasokan bahan bakar yang diperlukan harus sesuai dengan setingan yang diberikan. Karena, untuk putaran atas engine musti memerlukan pasokan bensin berlebih. Air Fuel Ratio (AFR) diseting di 1:13,5. “Di seting AFR segitu agar saat boost masuk di putaran atas, bahan bakar bisa tercukupi,” terangnya.

Dengan setingan ini, durabilitas, kenyamanan dan aman sudah pasti nomer satu. Jempolnya, dari pertama bikin, motor belum pernah trouble. "Untuk kebutuhan harian seting di low boost. Sedangkan high boost hanya untuk mengetahui max power yang diberikan, ” saran pria berkacamata ini. (motorplus-online.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa