Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Cara Kuras Minyak Rem Sepeda Motor, Gampang Bro!

billy - Jumat, 5 April 2013 | 08:00 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Menguras minyak rem, gampang-gampang susah. Biar bener-bener gampang, sebelumnya siapkan perlengkapan yang dibutuhkan.  Antara lain; obeng kembang, lap bersih dan slang transparan. Obeng kembang berfungsi membuka tutup master remnya.

Buka master rem dan masukkan minyak rem ke dalam master rem perlahan-lahan. "Jangan sampai mengenai bagian bodi motor atau bagian lain. Sebaiknya sebelum melakukan, lindungi bagian sekitarnya dengan kain. Bahan minyak rem bisa merusak bodi motor," pesan Titut, kepala mekanik AHASS Wahana. 

Setelah minyak rem dimasukkan, pasang slang pada nipel kaliper rem. Lalu, pompa handle rem berulang-ulang samapi terasa lebih keras. Cara ini untuk membuang udara yang masuk.


Kemudian, tahan sebentar handle rem. Kemudian, kendorkan nipel kaliper perlahan sampai ada minyak rem dan gelembung udara yang keluar. Jika cairan itu sudah keluar, lakukan kembali proses pengencangan baut nipelnya.

Jangan lupa kembali tekan-tekan untuk menghilangkan gelembung yang ada di slang. Atur jarak main remnya. Kalau masih kurang, bisa kembali ditambahkan minyak rem. Lalu tutup kembali master rem dan cek kekerasan baut pada master rem dan kalipernya.

Apabila ada minyak rem yang menetes ke bagian motor, segera lap bersihkan. Agar tidak merusak cat atau bagian motor lainnya. Atau, bisa juga segera siram pakai air bersih. (motorplus-online.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa