Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Bikin Sok Belakang Empuk dan Gaya

billy - Jumat, 5 April 2013 | 16:24 WIB
No caption
No credit
No caption


Pakai variasi adjustable sok belakang alias undur-undur, membuat Ali Kurniawan yang geber Yamaha Mio Sporty 2009 cukup merasa puas. Itu karena perubahan sudut sok bisa bikin peredaman lebih empuk.

“Awalnya saya tak percaya, karena dipikir variasi itu tidak safety dan tidak punya fungsi. Tapi, setelah dipakai, ternyata bisa bikin empuk sok dan juga gaya,” buka Ali


Sokbreker akan terasa lebih empuk karena posisinya dibikin lebih rebah. “Dengan bawaan sok aslinya saja, motor terasa lebih empuk. Apalagi jika mengganti sok pakai sokbreker aftermarket,” aku pria modis ini.

Asiknya, undur-undur sok ini hadir dengan berbagai motif. Hanya jika dilihat, adjustable sok ini hanya ada dua model yang beredar di pasaran.

Pertama, modelnya yang terdapat lubang 9 dan 10 baut. Model jenis ini, laris manis di pasaran. Sedangkan model lainnya, yang hanya terdapat satu lubang setelan baut. Dan, ini jarang ditemukan di pasaran.

Trik pasangnya pun bisa brother lakukan sendiri di rumah. Karena tidak perlu penyesuaian, artinya bolt on atau tinggal plek. Cara pasangnya,  Ambil contoh part yang nempel di Yamaha Mio. Pertama yang dilakukan, buka baut sok bagian bawah pakai kunci ring atau kunci sok 12.

Setelah itu pasang adjustable sok di posisi dudukan sok bawah yang ada di crankcase CVT. Setelah itu, kunci adjustable sok dengan baut sok orisinal bawaan pabrik. Lalu, kencangkan pakai kunci 12 mm. Untuk menempelkan sokbreker pada setelan yang diinginkan, sampeyan butuh satu baut lagi dengan ukuran 12 mm.

Nah, setelah undur-undur itu terpasang, tinggal pilih posisi setelan baut. “Jika ada 9 lubang setelan, paling cocok pasang sok diantara setelan baut 6-7. Itu jika riding sendirian. Tetapi jika boncengan, cukup dipasang pada setelan pada posisi lubang 3-4. Setelan lubang itu hitungan pertama berada di posisi paling atas ya bro,” tutup Ali. (motorplus-online.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa