Ragam Kaliper Copotan Moge, Yuk Dipilih Buat Upgrade Pengereman

Dimas Pradopo - Rabu, 15 Oktober 2014 | 13:27 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption

Bawaan motor yang performanya dianggap kurang mumpuni, jadi alasan konsumen melirik copotan moge. Seperti pada kaliper bawaan Kawasaki Ninja 250. Kaliper-kaliper copotan moge, untuk upgrade performa pengereman. Selain itu, juga bisa bikin tampilan motor lebih keren.

Jakarta - Copotan moge itu enggak selalu upside down, swing arm atau pelek saja. Kaliper-kaliper moge, juga banyak tersedia di tempat-tempat penyedia limbah moge.

“Penggantian kaliper standar dengan spesifikasi yang lebih tinggi copotan moge, biasanya untuk pengereman yang lebih bagus. Sekaligus tampang jadi lebih keren,” kata Akip dari Kips Motor di Kebon Kacang, Jakpus.
No caption
No credit
No caption

Memilih kaliper limbah moge, enggak serumit kalau mau beli copotan moge lainnya. Pasalnya kaliper moge yang dipasarkan, lebih banyak dalam kondisi yang masih sehat.
 
Kaliper-kaliper bekas moge, ada yang spesifikasinya 2 piston seperti yang ada pada Suzuki SV650. Namun ada juga yang mengaplikasikan 4 piston radial, seperti yang dipakai pada Yamaha YZF-R6, Suzuki GSR600 atau yang 1.000 cc, Kawasaki ZX6, Honda CBR6000 atau 1.000.

“Saat ini yang masih on stock, kebanyakan yang mengapliasikan double cakram pada pengereman depan. Untuk yang single cakram, masih kosong,” kata Akip.

Soal harga, tentunya bervariasi dan tergantung spesifikasi kaliper yang mana yang hendak ditebus. (motor.otomotifnet.com)
No caption
No credit
No caption

Kaliper dengan double piston, biasanya dibanderoli dengan harga Rp 1,2 juta seperti copotan Suzuki SV650. Sementara untuk yang 4 piston seperti contohnya pada Yamaha YZF-R6, bandeolnya sepasang bisa sampai Rp 2 juta


Selain kalipernya, di workshop-nya Akip juga menyediakan part pengganti. Seperti kampas rem yang dibanderol Rp 175-200 ribu.

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id

Editor : Dimas Pradopo

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa