Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

How to Buy Yamaha Jupiter Z1 2015, Umur Muda Cek List Sedikit Saja

Dimas Pradopo - Senin, 29 Juni 2015 | 11:50 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Pertama kali lahir pada tahun 2012, Yamaha Jupiter Z1 cukup banyak menarik perhatian publik. Keunggulan utama yang ditonjolkan motor ini ada di sektor mesin, dimana telah mengusung teknologi balap dengan performa yang mumpuni dan telah berhasil juara di arena balap Indoprix. Selain mesin dibekali mesin injeksi yang efisien, akomodasi motor ini juga cukup baik karena dilengkapi bagasi penyimpanan di bawah jok dengan volume cukup besar.

Riding position dan jok juga nyaman baik untuk berkendara dalam kota maupun jarak jauh. Jika berminat membeli motor seken dalam kondisi masih gress, bisa pilih yang tahun muda.Selain masih segar, tentu sudah memenuhi standar emisi EURO 3.

“Jika umur motor masih muda, cukup perhatikan kondisi parts fast moving dan kondisi aki,” jelas Jenggo, mekanik sekaligus owner Jeng’s Motor yang berlokasi di Ciganjur, Jakarta Selatan. Nah, lantaran sudah mengusung sistem bahan bakar injeksi, kondisi aki yang prima menjadi syarat utama motor dapat bekerja dengan baik.



Komponen utama yang perlu dicek yaitu seperti kampas rem, lampu depan dan lampu rem, serta kinerja sistem injeksi bahan bakar. Kemudian cek juga kondisi lampu utama dan lampu rem. Pasalnya, menyala non-stop siang malam bisa membuat usia lampu lebih pendek.

Buat Yamaha Jupiter Z1 lansiran tahun 2015, harga di pasaran masih berkisar Rp 12 juta sampai Rp 13 jutaan. Tergantung dari kondisi dan kelengkapan motor. (otomotifnet.com)

Kisaran Harga RP 12-13 Juta

Kelebihan
Mesin bertenaga
Hemat BBM
Riding position nyaman

Kekurangan

Rem belakang masih teromol
Sektor knalpot rawan karat

Menakar Biaya Servis
Jika melakukan servis di bengkel resmi Yamaha, motor ini dianjurkan servis setiap 3.000 km. Buat servis berkala biaya yang dibutuhkan itu Rp 37,5 ribu dan jika membutuhkan overhaul mesin biayanya sekitar Rp 250 ribu. Untuk penggantian kampas kopling biaya yang dikenakan cukup Rp 35 ribu saja.

Ada beberapa paket servis injeksi, seperti FI tester & cleaner seharga Rp 75 ribu dan FI kit cleaner yang dihargai Rp 75 ribu juga. Selebihnya kembali pada kondisi motor ada di sektor mana yang mulai minta jajan dan harus diperbaiki. Harga tersebut hanya jasa servis saja, belum termasuk spare parts.

Harga Komponen
Busi Rp 13.500
Kampas rem depan Rp 75.000
Kampas rem belakang Rp 49.000
Oli mesin Rp 35.000
Gir set Rp 195.000
Aki Rp 214.000
Kampas kopling Rp 39.000 x2
Filter udara Rp 35.000
Filter oli Rp 25.000
Sumber: Wijaya Motor Yamaha, Ruko Lubang Buaya, Jl. Raya Pondok Gede Blok J/K No. 18, Jakarta Timur. Telp. 021-8411355



Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa