Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Begini Nih Cara memilih Motor Trial Seken

Dimas Pradopo - Minggu, 31 Agustus 2014 | 08:58 WIB
No caption
No credit
No caption


Solo - Kepincut dengan unit motor trial sebagai pelampiasan hobi?. Monggo saja bro. Apalagi bila dana untuk menebusnya sudah ada. Namun bila dana yang ada belum sampai untuk menebus yang baru. Ah enggak usah bingung, silahkan melirik yang seken.

Walaupun unit sekennya gelap alias enggak banyak, namun biasanya di komunitas penyuka trial, info unit seken bisa diperoleh.

Lantas bila melirik yang seken, tentunya perlu memperhatikan beberapa faktor, tujuannya apalagi supaya enggak keliru ketika telah meminang. Betul enggak.

Lalu apa saja yang perlu diperhatikan ya? Monggo simak informasi dari Patrick Arni, seorang dedengkot komunitas trail asal Solo, yang terkadang menjual unit trail seken seperti Gasgas, Montesa dan Sherco.

Menurutnya, secara umum ada 3 hal utama yang mesti diperhatikan. Yakni kondisi mesin (baik 2 tak maupun 4 tak), kondisi sasis dan kaki-kaki. Untuk mesin misalnya bisa diamati dari kondisi baut-baut mesin apakah masih utuh atau sudah luka akibat kerap dilintasi toolkit

“Ketika dihidupkan dari suara mesin normal apa tidak. Bila terdeteksi kondisi suara seher, stang seher, bandul oblak ya urungkan saja membeli. Pun kondisi kampas kopling selip apa enggak. Tentunya akan tahu ketika mencoba motor,” buka dedengkot Trial Tracker Solo.

Lalu soal kondisi sasis, kata Patrick hindari kondisi sasis yang sudah cacat permanen. “Misal frame yang sudah bengkok atau retak, lupakan saja unit motor tersebut. Kondisi itu bisa diamati langsung kog,” sambungnya yakin.

Lantas urusan kaki-kaki bisa diamati dari kondisi sil sokbreker. Singkatnya sih, jangan ada oli sokbreker yang meler. Pun bantingannya, bisa langsung dicek. Intinya kalau hanya komponen panel bodi yang rusak masih lebih mudah memperbaikinya ketimbang 3 hal utama itu.

Oh ya soal harganya beragam bro. Patrick kasih ancer-ancer nih. Gasgas lansiran 2010-2013 antara Rp 65 sampai dengan Rp 85 juta. Montesa lansiran 2005 keatas berkisar Rp 100 juta. Sedangkan Sherco lansiran 2014 sekitar Rp 80 juta.

Ingin tahu lebih detil terkait trail seken, monggo kontak Patrick deh 0812 260 9090. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa