Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Menakar Harga Jual Second Hand Honda BeAT FI Tahun 2013

billy - Minggu, 23 Februari 2014 | 11:40 WIB
Honda BeAT
welovehonda
Honda BeAT

 
Jakarta - Sejak kemunculannya akhir 2012 lalu, penjualan skutik entry level Honda yakni Honda BeAT FI cukup menjanjikan.
 
Harga terjangkau, mesin bertenaga dan irit bahan bakar jadi nilai lebih skutik satu ini. Maka tak heran kalau versi injeksinya pun tetap laris manis diburu konsumen.

Unit bekasnya sudah cukup banyak di gerai penjual motor bekas atau disitus jual-beli online. Rata-rata memiliki kondisi fisik yang mulus dan kondisi mesin yang masih segar.
 
Untuk keluaran 2013 umumnya perawatan masih dilakukan di bengkel resmi Honda, jadi kondisi motor masih terjaga baik.

Dimensi yang kompak dan bobot yang ringan juga jadi daya tarik, khususnya bagi pengguna wanita.

 
“Enak pakai ini, buat antar jemput anak sekolah sama ke pasar, cocoklah buat ibu rumah tangga seperti saya,” papar Karina Listiani, salah satu pengguna Honda BeAT FI.

Selain itu, skutik ini cocok juga dipakai sehari-hari karena mudah menyelinap dikemacetan kota-kota besar.

 
Dengan ruang penyimpanan yang cukup banyak, seperti dibalik jok, dan dibawah setang, memudahkan Anda membawa kebutuhan berkenda-ra seperti jas hujan.

Jika Anda ingin menebus unit bekasnya, sebaiknya perhatikan beberapa hal. Meski secara keseluruhan tidak ada masalah berarti, paling tidak perhatikan kondisi bohlam lampu depan.

 
“Karena lampu depan otomatis menyala, umur pakai akan lebih pendek,” papar Nurudin, kepala mekanik bengkel resmi Honda CV. Marga Utama, di Depok.
 
Sokbreker depan-belakang empuk dan nyaman. Mesin 110 cc terbilang irit dan responsif. Headlamp yang sudah AHO (auto headlight on) cukup terang. Lebih aman dengan rumah kontak berpengaman magnet.
Berikutnya perhatikan kondisi aki alias baterai. Skutik ini sudah disematkan fitur keselamatan side stand switch, dimana mesin motor akan mati begitu standar samping diturunkan.
 
Umumnya kesalahan pengguna skutik ini, setelah menurunkan standar sam-ping lupa mematikan kunci kontak. “Akibatnya listrik akan terbuang percuma,” wanti mekanik ramah ini.

Lalu karena sudah menggunakan sistem injeksi, perhatikan kualitas bahan bakar yang digunakan.

 
“Bisa meminum Premium, tapi disarankan atau sesekali diisi Pertamax supaya performa mesin tetap baik,” tambah Nurudin.

Di musim hujan seperti ini, jika ingin melewati banjir sebaiknya batas air jangan melebihi CVT. Ini karena posisi lubang filter udara lebih rendah, dikhawatirkan air bisa menerobos masuk dan merusak mesin.

Untuk meminang unit tahun 2013 dengan kondisi skutik yang masih segar, Anda harus menyiapkan dana Rp 10 hingga 12 juta untuk menebusnya.

Estimasi harga: Rp 10 juta - Rp 12 juta

KELEBIHAN
1. Dimensi kompak
2. Harga jual terjaga
3. Aftersales service memadai

KEKURANGAN

1. Bohlam depan mudah putus
2. Posisi lubang udara rendah
3. Busa jok keras

Honda BeAT
welovehonda
Honda BeAT
Menakar Biaya Servis
Untuk biaya perawatan dan spare parts tidaklah mahal walau ada kenaikan harga sparepart baru-baru ini. Untuk jasa service ringan dipatok Rp 35 ribu. Sedangkan service besar dikenakan biaya Rp 50 ribu. Bongkar dan service CVT dikenakan Rp 35 ribu saja. Mengenai bohlam depan yang putus, bisa diganti dengan menebus seharga Rp 35 ribu. Sedangkan aki mencapai Rp 240 ribu. (motor.otomotifnet.com)


Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa