Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Panduan Beli Yamaha Mio Sporty CW 2009 (Second), Siapkan Uang Rp 9,5 jutaan

Editor - Sabtu, 3 April 2010 | 09:24 WIB
No caption
No credit
No caption

OTOMOTIFNET - Jagoan dari pabrikan berlambang garpu tala ini, unit barunya masih menjadi yang terlaris di kelasnya. Tak percuma Yamaha bersusah payah mengampanyekan motor matik sejak tahun 2002.

Seiring banyaknya pengguna, diiringi pula dengan membanjirnya produk aksesori. Termasuk komponen peningkat tenaga, akhirnya muncul komunitas balap skutik. Baik resmi maupun liar.

Dari sini terlihat keunggulan Mio, dengan lamanya riset, sudah banyak mekanik yang piawai membuat Mio melesat di arena. Baik road race maupun drag bike. Istimewanya, Mio bisa ikut di semua kelas.

Hal ini tak terlepas dari spek mesin yang bisa di-bore up dan stroke up gila-gilaan, karena jarak baut blok sangat jauh dan penyedia crank case dan kruk as maupun pen stroker banyak, hingga volumenya bisa menyentuh 350 cc!

“Kelemahannya justru jika turun di kelas standar, karena karakter bawaan Mio akselerasi di putaran bawahnya lambat,” terang Mariasan kocek, mekanik JP Racing di kawasan Ciputat. Sedang sasis dan kaki-kaki menurutnya masih cukup enak untuk bermanuver.

Nah jika ingin turun balap pakai unit seken berapa pasarannya? “Untuk tahun 2009 masih sekitar Rp 9,5-10 juta, tergantung kondisi dan lamanya jangka waktu bayar pajak,” papar Hendra Kurniawan dari Cahaya Prima Motor di kawasan Palmerah, Jakbar.

Jika sudah menebus, yang pertama mesti dicek kondisi mesin, terutama ruang bakar. Nah jika untuk turun balap, blok silinder tinggal dikorter pakai piston sesuai kelas yang diikuti.

Tak lupa juga mesti cek kondisi CVT, terutama roller yang memang usianya tak terlalu lama. “Paling 6 bulan juga sudah banyak yang peyang,” papar Anggi, mekanik bengkel spesialis skutik, R59 yang berada di kawasan Ciputat, Tangerang.

Orisinal KW
Kampas rem depan 45.000 23.000
Kampas rem belakang 40.000 23.000
Keteng 65.000 -
Busi
12.000 -
Piston Dan ring 117.000 -
Roller 1 set
114.000 50.000
Filter udara
30.000 -
Sumber: Cineng Motor JL.Hos cokroaminoto No 8C Kreo Cileduk Tangerang 021-7343058


Penulis/Foto: Aant / Aant

Editor : Editor

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa