Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Hujan Datang Lagi! Waspadai Genangan di Lubang Jalan

Dimas Pradopo - Senin, 24 Februari 2014 | 13:14 WIB
No caption
No credit
No caption



Jakarta – Akhir pekan ini hujan kembali menyapa ibukota Jakarta. Alhasil sebagian jalan yang berlubang akibat dampak hujan bulan lalu makin berbahaya karena tertutup genangan air.

Tak jarang pengendara terjatuh karena tidak mengetahui adanya lubang di depannya. Hal ini tentu dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain.

Menanggapi hal tersebut, Jusri Pulubuhu dari Jakarta Defensif Driving Center menyatakan jika lubang yang tertutup genangan air lebih berbahaya ketimbang yang terlihat. “Karena telah mengurangi aspek visibilitas bagi pengendara. Sehingga tak bisa diperkirakan dalam dan lebar lubang tersebut.”

Menurut pria ramah ini, ada dua aspek yang harus diperhatikan pengendara. “Yakni, kewaspadaan yang harus ditingkatkan. Serta kecepatan kendaraan yang harus disesuaikan,” katanya.

Untuk urusan kewaspadaan, bisa dikondisikan dengan memilih jalan yang tak tertutup genangan air. Selain itu, biasakan untuk berada di posisi berkendara yang benar (klik di sini) . “Sehingga motor tetap melaju lurus dan masih dapat dikendalikan,” ungkap Jusri.

Sementara untuk kecepatan kendaraan, usahakan untuk menjaga jarak dengan kendaraan di depan dan jangan melakukan perlambatan secara ekstrim, atau rem mendadak. “Karena ban akan terkunci dan terjadi slip. Potensi jatuh saat slip sangat besar,” pungkasnya.

Waspadalah.. Waspadalah.. (motor.otomotifnet.com)


Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa