Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Modifikasi Suzuki Jimny SJ410 1983, Refresh Ala Mini Rubicon

Otomotifnet - Senin, 10 Agustus 2015 | 09:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Punya jip Jepang macam Suzuki Jimny sebetulnya enak loh, asalnya mudah dimodifikasi


Solo - Contohnya ini nih, Suzuki Jimny SJ410 kelahiran 1983 milik Daniel Adiono, warga Karangasem, Solo. Jip yang dulu ditebus komplet utuh dengan atap hardtop, saat ini berubah total. Lebih fresh nan segar dengan kelir mirip jeruk sunkist, oranye.

No caption
No credit
No caption

Dasbor nuansa balap, pakai versi custom dengan instrumen ekstra


“Iya nih, tampil ala mini Rubicon tapi nanggung. Bentuk over fender, pintu samping kiri kanan, serta atap yang mirip Rubicon. Kalau tampilan depan sih tetap Jimny,” tawa Daniel yang dinas di Singapura sebagai Chief Surveyor dan Project Manager. Proses modif jip ini digarap oleh Murty Wibowo, punggawa bengkel SAS4WD Solo, yang juga pemain lama pada modifikasi jip.

No caption
No credit
No caption

Buka jendelanya mirip buka celana, pakai resleting, hehehe...


Pesan Daniel ke Murty tampak menyeluruh. “Dia order engine swap, potong bodi, juga nambah beberapa aksesori. Tujuannya, supaya andal ketika digunakan blusukan off-road,” aku Murty yang ngaku berusia 58 tahun.

No caption
No credit
No caption

Mesin pakai G16A milik Vitara, namun pasokan bahan bakar diubah jadi karburator


Usah heran bila atap bawaan Jimny hilang karena dimutilasi habis. Pun bentuk fender dirancang rada mengkotak dan minimalis. Makanya ketika ban GT Radial Savero Komodo Extreme ukuran 31x10.5 dengan pelek Incubus ring 15x8.5 inci ditanam, kaki-kaki jip ini jadi kekar.

No caption
No credit
No caption

Ini yang mirip sama Rubicon, over fender mengotak


Oh iya, bentuk pintu samping kiri dan kanan dirancang ulang, ala half door-nya Rubicon. Pintu tersebut dilengkapi jendela plastik bening, yang bukaannya pakai power tangan alias resleting.Tampilan luarnya pun makin keren dilihat dari berbagai sisi. Seperti di depan, selain gril Taniguchi yang modelnya sporty, tampak bertengger XRC winch elektrik by Smitty Bilt.

Dari belakang jadi lebih gagah, ban serep pakai tire hanger racikan bengkel SAS4WD


Efektif sebagai peranti recovery ketika terjebak pada lokasi ekstrem. Alhasil walau katanya nanggung, tetap tampil klimis rapi jali dan siap blusukan off-road. Begitu ya. • (otomotifnet.com)


Plus:
- Tampil ala Rubicon cukup mengena

Minus
- Sistem injeksi mesin malah diubah ke karburator

Data Modifikasi:
Ban: GT Rardial Savero Komodo Extreme 31x10.50 R15 Pelek: Incubus R15-8.5 inci Power steering: Toyota Crown Girbok: Suzuki Carry Futura Bumper: custom Setir: racing fender, bemper, tire hanger: Custom SAS4WD Bengkel: SAS4WD, 0813-8697 6503




Editor : Otomotifnet

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa