Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota Corona Absolute 1995, Replika Lambo Aventador J

Dimas Pradopo - Rabu, 7 Januari 2015 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Berimajinasi memiliki kendaraan impian namun tidak bisa dibeli, kenapa tidak membuatnya saja sendiri demi memuaskan fantasi

Jakarta - Rasanya, hampir semua orang bakal jatuh cinta pada sosok Lamborghini Aventador J. Desain serba runcing ala Aventador namun roofless alias tanpa atap, membuat kharisma exotic hyper car itu semakin dahsyat.Namun sayang harganya yang selangit mencapai $ 2,8 juta atau setara Rp 33,6 miliar dengan kurs $ 1 Rp 12 ribu, membuat Andy Haryanto mengurungkan niatnya. Tapi bukan orang Indonesia namanya jika tidak kreatif.
No caption
No credit
No caption

Dasbor jiplak habis, tanpa head unit di dasbor seperti aslinya


"Tanpa bermodalkan contoh asli, hanya bermodalkan gambar-gambar dan spesifikasi dari internet, gue coba buat replika," terang penghuni daerah Pantai Indah Kapuk, Jakut ini.Andy mengaku jika ada contoh real-nya, tentu pembuatan skala 1:1 akan menjadi mudah. Sebisa mungkin kumpulkan data sebanyak-banyaknya. Mulai dari panjang, lebar dan tinggi kendaraan hingga wheelbase, dibuat mirip.
No caption
No credit
No caption


Bahan bodi tidak menggunakan fiberglass sama sekali, karena pastinya mudah retak-retak jika full custom seperti ini. Pelat galvanis yang digunakan cukup dengan ketebalan 0,8 mm. Lebih dari itu tentu akan menyulitkan proses pembentukan. "Memang idealnya seperti itu, jika melihat kebanyakan pabrikan kendaraan dan bengkel bodi, rata-rata pakai pelat setebal itu," ujar pebisnis kosmetik ini. 

Interior juga harus mendukung jika ingin terlihat layaknya Raging Bull Aventador.  Bagian dasbor hanya diisi oleh tombol-tombol untuk mengaktifkan lampu-lampu dan starter mesin. (otomotifnet.com)

No caption
No credit
No caption

Audio terbentur keterbatasan ruang bagasi

Mesin Pindah Tengah

Malu dong jika masih mengadopsi lay out mesin di bagian depan. Mesin standar juga dipensiunkan, diganti dengan kepunyaan Celica GT-4, namun hanya sistem 2 wheel drive penggerak belakang yang berfungsi.Sebelum dipasang mesin baru, tentunya agar lebih aman, mesin dari junk yard ini harus di-overhaul. Sekadar refreshment saja karena engine ini sudah berusia 20 tahun. Seal dan packing juga sudah pada keras, rentan rembes atau bahkan bocor oli.

"Mesin gue tidak ubah banyak hanya ganti blow off valve saja supaya ada suara cus cuss khas turbo," ujar ayah 3 anak ini. Malahan boost-nya hanya dipatok 0,4 bar. Terbilang rendah untuk mesin yang dari pabriknya sudah menggunakan turbo. "Biar awet aja itu sih, enggak perlu juga kan boost besar," terang pria yang sehari-hari menggunakan Mazda CX-5.Prosesnya tidak terlalu rumit, namun penempatannya harus benar-benar center. Agar lebih memudahkan pemasangan, transmisi menggunakan tipe otomatis.


No caption
No credit
No caption

 Bodi dibuat secara hand made semirip mungkin dengan skala 1:1

No caption
No credit
No caption

Pelek diameter 20 inci bersanding manis dengan big brake kit



Pintu vertikal dibantu motorized agar buka tutup jadi mudah


DATA MODIFKASI
Mesin: Swapped Toyota Celica 3S-GTE Mid Engine
Blow off HKS
Eksterior: Bodi Custom Lamborghini Aventador J
Cat Spies Hecker Custom Glitter Airbrush Grafik
Lampu Depan Belakang Custom
Motorized (Kap Mesin, Pintu)
Vertical Doors Conversion
Spion Custom
Interior: Custom (Jok, Stir, Shift Knob, Dasbor, Door Trim)
Tombol Start Pivot
Pedal Set Alumunium
Kaki-Kaki: Rem Depan Brembo Pelek JF 20 inci x (8,5+9,5 inci)
Ban Depan Accelera 225/30R20
Ban Belakang Accelera 245/30R20
In Car Entertainment: Head Unit Alpine
Power Amplifier Cello CA 40
Speaker Cello Coaxial
Subwoofer Cello 8 Inci

Editor : Dimas Pradopo

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa