Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tren Baru Melalui produk Barat dan Timur

Minggu, 3 Agustus 2014 | 12:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

 

Bandung - Dicky dan Michael sudah lama sama-sama hobi memodifikasi tunggangannya. Honda Civic FD2 2008 milik Dicky dan VW Scirocco 1.4 2013 nya Michael dibuat lebih personal sesuai karakter masing-masing. Tapi, justru karena berbeda konsep tuning seperti ini, membuat mereka makin kompak dengan bertukar informasi tentang modifikasi yang diusung.

Elegan vs Sporty

Dicky tampaknya sedikit lebih ekstrem merombak Civic miliknya, sebab sudah beberapa kali melakukan uji coba dari gonta-ganti pelek hingga wide body. Saat ini, pria bongsor ini rela membanjur sekujur bodi dengan kelir putih total. Nice choice bor! Makin seksi dan elegan jadinya.

No caption
No credit
No caption

Mesin Michael hanya andalkan open filter dan oil catch tank, tapi berlapis warna dari Plastidip agar lebih sporty

Tak cuma itu, karakter personal mahasiswa Fisip ini terlihat dari ubahan pada custom hood dan bokong bagasi. Penambahan detail lekuk bodi di bagian wajah dan belakang Civic lansiran 2008 ini membuat konsep modifikasi Dicky semakin kuat.

No caption
No credit
No caption

Sementara mesin milik Dicky cukup pakai piggyback dan open filter untuk memaksimalkan performanya

“Konsepnya bikin sendiri, ducktail dibuat menyatu dengan bagasi dan tambahan detail di bagian custom hood biar makin keren” jelas pria asal Cirebon ini.

Berbeda dengan Dicky, Michael lebih tertarik bermain karakter simple namun sporty. Karbon orisinal Osir melekat di bagian diffuser, ducktail dan gril. Lips karbon custom melengkapi aksen Osir agar tampangnya makin gokil.

Semakin personal ada di perubahan pada sisi fender kanan. Desain custom fin style sengaja dibuat berbeda. “Penyesuaian bentuk di bagian ventilasi udara, desain saya sendiri biar tampang Scirocco lebih personal,” ucap pemuda ramah yang sudah terjun ke dunia wiraswasta ini.


No caption
No credit
No caption

Pelek model palang banyak pada Scirocco Michael berpadu dengan Work Meister pada Civic milik Dicky

Bermain di sektor kaki-kaki, Dicky masih menganut aliran stance, dengan setelan camber pada roda belakang memaksimalkan fitment untuk penggunaan harian. Pelek Work Meister S1R super white 17 inci x 9-9,5 inci menjadi faktor penentu kemolekan. Pelek ini sengaja dipesan langsung dari Jepang seharga Rp 20 juta.

Lain lagi pilihan Michael, Vossen CVT 20 inci yang ditanamnya jelas sekali memberi aroma sporty. Autoworld Tyres & Gallery Bandung sengaja dipilih untuk menuntaskan sektor kaki-kaki.

Bikin Tren Baru

No caption
No credit
No caption

 Tren lantai parket pada bagasi, bikin lebih mudah untuk
dibersihkan

Dari beberapa konsep tuning yang berbeda, mereka berdua rupanya sedang membuat tren baru dengan melakukan ubahan di bagian ruang bagasi. Aksen tambahan memanfaatkan bahan papan floor parquet yang biasanya digunakan untuk lantai rumah. “Papan parquet ini dibeli di Ace Hardware Rp 300 ribuan, motifnya juga macam-macam” jelas Dicky.

No caption
No credit
No caption

Enaknya bagasi Scirocco bisa dibuat seakan ada 2 tingkatan

Membuatnya agar masuk ke ruang bagasi juga enggak ribet. Hanya perlu memanfaatkan karpet dasar bagasi sebagai polanya. Kemudian papan dipotong mengikuti pola karpet tadi, dan bisa langsung pasang.


Michael dan Dicky. Beda konsep tuning tapi kompak mau bikin tren baru

Pada VW Scirocco Michael, karena dimensi ruang bagasinya lebih kecil, sisa bahan papan parquet juga bisa dimanfaatkan menghiasi penutup bagasi. “Agar lebih tebal dilapis lagi dengan papan tipis. Biar enggak bengkok kalau meletakkan barang dagangan di atasnya,” tutup Michael. (Mobil.Otomotifnet.com)

Honda Civic FD2 2008 Dicky (Biaya total Rp 50 juta):

Exterior: repainted Super White, bumper depan-side skirt-bumper belakang type Honda Civic R, Feel’s Air Funnel, custom bodi bagasi, custom hood type Honda Civic R, Honda red emblem depan-belakang, repainted front grill, USA Honda plate. Interior : J’s Racing carbon steer, J’s Racing steer emblem, Mugen pedal, karpet Momo, J’s Racing emblem. Engine : Dastek D type, saringan udara KnN, JS Racing oil cap, Skunk 2 radiator cap, knalpot HKS hi power. Kaki-kaki: Pelek Work Meister S1R super white 17x9-9,5 et 0 (depan), -6 (belakang), Ban Falken Ziex 205/40 R17, Tein sport kit, Rays black lug nut, Camber nut (front), custom camber (rear).

VW Scirocco 1.4 2013 Michael (Total biaya Rp 100 juta)

Exterior: Custom front bumper add on, custom side skirt, custom fender fin style, custom lips (carbon), custom side lips (carbon), Osir carbon grill, Osir carbon diffuser, Osir carbon ducktail, revocarbon side mirror, matt black emblem. Engine: Open filter K&N bolt on, universal oil catch tank Cusco, Supersprint Quad tail pipe, Supersprint twin muffler, Supersprint centre pipe, Plastidipped engine cover. Kaki-kaki: pelek Vossen CVT 20 inci, Toyo Proxes T1 Sport, KW coil over V2, AP Racing brake hose, VWR big brake 6 pot caliper by AP Racing, VWR disc brake 355 by AP Racing, Ferodo 2500 brake pads. Interior: RNS 510 premium edition, Bluetooth module, camera module, GTI pedal, Scirocco door trim.

Workshop :

FA Autoworks: Jl. Cibeureum No.16, Bandung
Autoworld Tyres & Gallery: Jl. Pajajaran No.51, Bandung
JAP Wheel Clinic: Jl. Moh. Ramdan No.50, Bandung
Deep Car Garage: Jl. Sumatra No.15, Bandung


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa