Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Khusus buat Dokter, Volvo 850 ini Kencang dan Enak Dikendarai

Selasa, 6 Mei 2014 | 10:02 WIB
No caption
No credit
No caption


No caption
No credit
No caption


Jakarta - Bagi seorang dokter, waktu adalah segalanya. Telat sedikit saja, nyawa pasien bisa jadi taruhannya. Oleh karena itulah, Tunggul, sang dokter yang satu ini khusus order ke Edwin dari RR Boutique di Cibubur, Jaktim untuk memodifikasi Volvo 850 miliknya.

Oleh Edwin, ide sang dokter  ‘dicerna’ dengan baik. “Konsepnya gue buat dengan tema street racing. Kencang, tapi masih enak buat harian,” ujar Edwin. Tentu saja, mesin jadi sasaran utama dengan melakukan Engine swap terhadap bawaan 850 R yang sudah dilengkapi turbo.


No caption
No credit
No caption
 Interior tak banyak ubahan, sudah nyaman untuk harian
 

Tak hanya itu saja, demi meningkatkan kinerja mesin baru ini, intercooler ditambahkan di balik bumper depan. Untuk ‘jeroan’ mesin, camshaft lansiran Enem berdurasi 272 derajat pun dipasang setelah mesin mengalami porting polish. Lalu custom piping berikut blow off valve HKS juga ditambahkan.

No caption
No credit
No caption

Haltech PS1000 dipercaya untuk mengatur kinerja
mesin keseluruhan

Sebagai ‘otak’ dari mesin ini, dipasang ECU stand alone Haltech PS1000. Sekarang, begitu mesin dinyalakan, suara yang terdengar dari knalpot begitu sangar. “Bawaannya jadi pengin ngegas terus sekarang nih!” seru pak dokter.

No caption
No credit
No caption

 
Intercooler ngumpet di balik bumper untuk mendinginkan
udara ke ruang bakar


Kepalang tanggung mendukung tampilan sporty. Eksterior ikut didandani. Edwin langsung membuatkan add-on custom berikut ducktail, lalu corner lamp 850 versi USDM juga dipasang berikut gril kotak khas tipe R dari Volvo.

No caption
No credit
No caption

Mesin sekarang sanggup mengeluarkan tenaga 250dk, lebih dari cukup untuk mengejar waktu

Untuk peleknya, Lorinser ‘Bedug’ jadi pilihan Tunggul. Pelek legendaris di era 1990-an ini berdiameter 19 inci dengan suspensi yang sudah di-custom khusus oleh Edwin. Hasilnya, membuat pelek ini sedikit ‘celup’ di dalam bibir sepatbor. Oh iya, sunroof orisinal bawaan Volvo tipe R pun juga dipasang agar semakin terlihat beda.


Tampilan sporti berkat ducktail mungil dan knalpot
 krom bersuara gahar


Di interior, terlihat pernik kecil seperti Turbo Timer Pivot dan boost meter Defi terpasang rapi untuk memantau kinerja mesin.

Jadi, mesin 250 dk ini sudah cukup belum Dok? (Mobil.Otomotifnet.com)


Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa