Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ini Raja Yaris Show Off, Mesin Hybrid dan Bisa Jalan Pakai Remote

Rabu, 5 Februari 2014 | 07:02 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Setelah melalui seleksi yang ketat, akhirnya Toyota Yaris berteknologi hybrid milik Kupu-Kupu Malam dari Yogyakarta dinobatkan sebagai King of Yaris Show Off 2013. Hatchback ini bisa digerakkan melalui remote.

Seluruh bodinya sudah ditambahkan bodi kit, plus beberapa detail LED, serta logo Toyota merah menyala. Pintu sudah diubah model gunting yang bisa terbuka otomatis keatas.

Rumah modifikasi yang pernah menggarap mobil listrik Dahlan Iskan ini mempermak kaki-kakinya dengan penggunaan pelek besar lansiran Soleil. Bodi bisa meninggi atau ceper berkat penggunaan suspensi udara (air suspension).

Layar tablet

Nuansa masa depan juga terlihat saat masuk kedalam kabin. Interior terlihat sangat canggih dengan berbagai gadget yang mengatur hampir semua fungsi mobil, bermodal aplikasi berbasis Android. Aplikasi tersebut bisa membuka pintu, atau menyetel ketinggian suspensi dengan hanya menyentuh layar tablet saja.

Disektor mesin, ini yang menjadi daya tarik. Karena, selain mesin standar berkapasitas 1.5 liter dengan penggerak roda depan, sepasang roda belakang pun dijadikan sistem penggerak mobil dengan tenaga berasal dari motor listrik. Banyak yang bilang ini mesin hybrid, tapi sebenarnya bukan. Karena masing-masing bisa menjadi sumber penggerak secara terpisah.

"Konsepnya global Yaris, global warming, jadi kita pilih sesuatu yang ramah lingkungan. Ini sistem motor listrik terpisah, jadi bukan hybrid. Kalau hybrid kan saling mendukung. Kalau ini terpisah, jadi bisa dipilih mau pakai motor listrik atau mesin bensin," ujar Kunto, punggawa Kupu-Kupu Malam.

Untuk memilih mode ini bisa dilakukan dengan memutar kenop di konsol di samping pengemudi. Kupu-Kupu Malam mengandalkan motor listrik berdaya 30 kW dengan bobot sekitar 30 kg. Sementara baterai seberat160kg tersimpan di dekat bagasi mobil.

Ketika baterai mulai habis, cukup alihkan kembali dari motor listrik ke mesin bensin, maka secara otomatis motor listrik akan menjadi generator untuk mengisi kembali baterainya.

"Motornya memang kita pengen yang kecil biar hemat. Sekali ngecas bisa 90 km dengan kecepatan yang dibatasi 60 km per jam. Kalau baterai habis, mesin bisa ngisi ke baterai, jadi sudah pakai sistem regeneratif," ujarnya.

Jalan sendiri
Nah terakhir nih, ada lagi satu kecanggihan pada King of Yaris kali ini. Bisa jalan sendiri pakai remote! Remote yang digunakan juga standar seperti remote yang digunakan mobil maninan RC.

"Kita pakai remote control, jadi bisa jalan dari jauh sekitar 300 meter. Dengan menggunakan remote control, mobil hanya bisa berjalan sampai 30 km per jam," tambah Kunto.

Dengan semua kecanggihan ini, King of Yaris Kupu-Kupu Malam pun dipersilahkan membawa pulang satu unit Toyota All New Yaris serta berkesempatan menyaksikan balapan Super GT di Fuji speedway, Jepang. (mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa