Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Toyota FJ Cruiser 2012, Pertama Bikin, Ganti Ban 3 kali

billy - Senin, 17 Juni 2013 | 16:01 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Memang, modifikasi yang dilakukan supaya FJ Cruiser ini mampu bermanuver lebih baik di medan off-road yang ringan. Tetapi, ternyata untuk mewujudkannya, tidak seringan lintasan yang akan dilalui.

Off-road ringan yang dimaksud, tentu tak ringan-ringan banget. "Bisa menjelajah sungai, mampu juga melewati trek agak ekstrem untuk kelas SUV seperti ini," ujar Ditto Soemanto dari Tensix Workstation di kawasan Meruya, Jakbar.

Menurut Dito, tunggangan milik Diaz ini, baru pertama kali digarapnya. "Bahkan mungkin belum ada lagi yang membuatnya seperti ini di Indonesia, untuk off-road," ujar lelaki berkacamata itu. Nah, karena ini pertama, tentu tak semudah membuat mobil yang sudah pernah digarap.

No caption
No credit
No caption

Soal suspensi saja, lumayan banyak situs harus dikunjungi. "Pesan dari luar, dan ternyata ada yang cocok untuk FJ Cruiser, yaitu sokbreker Fox untuk depan dan belakang," ujar Dito. Namun Fox tak menjual dengan pernya komplet set. Untuk depan, per yang dipakai Eibach. "Gue baru tahu supplier pernya Eibach, sementara belakang enggak pakai per," ujar penggemar off-road itu. Per belakang Old Man Emu dipasang pada FJ Cruiser ini.

Perburuan pun tak terhenti soal sokbreker. Tetapi, karena sokbreker itu, ban dan pelek berganti tiga kali. Mulai dari pelek 17 inci yang menjadi standarnya, lantas menggunakan pelek 16 inci dengan baut 6 lokal. "Eh, kalipernya mentok!" ujarnya.

No caption
No credit
No caption

Akhirnya, pelek Mickey Thompson pun dipasang, kali ini pakai ban berukuran 35 inci dari Toyo Tires. Kalau begini baru deh terlihat pas dengan fender yang diganti fiberglass dan dipapas.

Mesin 4.000 cc berkonfigurasi V6 sih enggak usah diganggu, hanya saluran pembuangan saja yang dibuat lebih baik. Pilihan pada Borla yang biasa dipakai Jeep JK. "Sewaktu mau beli, si penjualnya keberatan karena diberi tahu kalau knalpot JK itu akan dipasang di FJ Cruiser setelah dipotong-potong," kekeh Dito. Karena enggak dikasih, dia pun mencari lagi. Informasi di Pekanbaru ada Borla untuk FJ Cruiser. "Ya dibeli dari Pekanbaru saja," ujarnya.

Ya begitulah repotnya perburuan untuk SUV yang pertama kali dibikin off-road itu. (mobil.otomotifnet.com)



 Data Spesifikasi

Bengkel : Tensix Workstation, Meruya. Telp. 081284871980
Bumper : ARB
Winch : Warn 9.5 XP (depan) Warn M8000 (belakang)
Sokbreker : Fox for FJ Cruiser
Per : Eibach (depan) Old Man Emu (belakang)
Ban : Toyo Tire 35x12.5-16
Pelek : Mickey Thompson
Knalpot : Borla
Snorkel : Safari

PENGGEMEAR TOYOTA


Pemiliknya memang gemar dengan jip Toyota. Setelah menggamit Toyota FJ40 klasik, ia pun menukar Jeep JK dengan Toyota FJ Cruiser ini. Ia berpendapat, FJ Cruiser tak setangguh FJ40 yang dalam kondisi standar pun sudah bisa diajak heavy off-road. Namun, dengan modifikasi ini diharapkan FJ Cruiser kemampuannya lebh baik dari standarnya.

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa