Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Swift M/T 2006, Spesialisasi Berujung Juara

billy - Minggu, 26 Mei 2013 | 09:03 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Memang kalau sudah menjadi spesialis, apapun bisa dilakukan dan mencapai hasil maksimal. Ini yang dilakukan Ajat Sudrajat, owner bengkel Twin Garage di Ruko Taman Raflesia, Bekasi Timur yang jago mengoprek mobil Suzuki.

Berawal karena punya turbo kit Zage, begitu mendapat tawaran mesin berkode M18A berkapasitas 1.800 cc dan membangun Suzuki Swift lansiran 2006, langsung saja digarap. “Tadinya mau pasang di mobil lain, karena bengkel penuh terus, jadi dialihkan ke Swift,” ungkap pria yang memiliki anak kembar ini.
No caption
No credit
No caption
No caption
No credit
No caption

Awalnya mesin M18A milik Suzuki Liana ini pakai trasmisi otomatis. Maka dari itu, Ajat mengkombinasi dengan girboks manual milik Swift. Tapi, kopling set sudah berganti lansiran Work Engineering.

Agar mesin bekerja dengan sempurna, Dastek Unichip Q+ dipercaya mengatur kerja mesin selama dipakai harian ataupun race. Ubahan paling kentara hanya di crank pulley dan fuel rail kit yang lagi-lagi dipercayakan merek Work Engineering. “Paking set masih bawaan M18A, mau ganti baru susah nyarinya,” kekeh pria kelahiran 1974 ini.

Hasilnya, prestasi Swift ini tidak usah diragukan lagi. Pada kejuaran drag race beberapa waktu lalu di Sentul, Ajat meraih best time 13 detik. Sementara di Magelang, meyabet juara 5 kelas FFA 201 m dengan best time 9,3 detik.

Lucunya, karena sempat mengalami kebocoran kompresi pada saat di Sentul, pada seri drag race di Bandung, Ajat menurunkan boost menjadi 0,6 bar yang biasanya 0,8 bar. “Saya start masih menyalakan AC dan finish pakai gigi 2. Alhamdulillah masih dapat juara 1, kelas 10 detik,” tutup Ajat. (mobil.otomotifnet.com)

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa