Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Suzuki Baleno 2000, Mengejar Target Juara!

billy - Jumat, 26 April 2013 | 09:08 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Kalau sudah kecanduan modifikasi, segala cara bisa dilakukan demi mencapai target. Senang mobil kencang, targetnya tentu juara drag race. Konsep ini yang dilakukan Ajat Sudrajat, pemilik bengkel Twin Garage di bilangan Bekasi, ketika menggarap Suzuki Baleno keluaran 2000 milik Rahmat Mulyana.

Selama punya visi yang sama, beda kota pun tak lagi jadi kendala. “Mas Rahmat ke bengkel hanya pada saat ada event drag, secara dia tinggal di Palembang. Joki pun dia sendiri,” jelas Ajat.

Jangan kaget begitu ketemu Baleno yang tampil standar ini. Pun tidak banyak ubahan eksterior, hanya pelek bernuansa JDM (Japan Domestic Market) yang terlihat menonjol. Tapi, begitu OTOMOTIF buka kap mesin, baru terlihat kebuasan sang Baleno.

No caption
No credit
No caption

Sumber tenaga milik Baleno 1.800 cc DOHC berkode J18 dengan tenaga standar 121 dk memenuhi ruang mesin. “Seorang teman menawarkan dalam bentuk half cut, dan hanya satu-satunya di Indonesia”, papar mekanik spesialis Suzuki ini. Ternyata, ada varian Baleno berkode mesin J18 untuk pasar Jepang dan Eropa.

Tidak ada kesulitan dalam proses engine swap, karena semua basic mounting serupa dengan Baleno yang beredar di Indonesia. Setelah proses pemasangan mesin selesai, Ajat tidak puas begitu saja. Dilakukan penyempurnaan dengan porting polish dan 3 angle valve job, yang menghasilkan tenaga baru sebesar 160,9 dk. Pengapian masih standar, 1 buah koil bertugas mengirimkan api untuk setiap busi.


Kelar pengapian, giliran sistem gas buang yang jadi fokus. Menggunakan header berkonfigurasi 4-1, sayangnya desain ini masih dalam proses trial and error. “Masih diriset untuk mencari desain yang paling sempurna,” sambung Ajat lagi.

Enaknya pakai mesin dari ‘saudara kandung’, mencari spare part tidak terlalu sulit. Sebagian besar sama dengan mesin Suzuki Vitara 2.0 yang berkode mesin J20. Nah, sekalian saja kopling J20 disematkan. Maklum, yang diincar kan juara drag race!

Hasilnya langsung terlihat. Jadi prestasi gemilang, ketika mencatat waktu tercepat 16,119 detik dan meraih juara 1 di kelas 16 detik, pada event drag race di Sentul beberapa waktu lalu.

Selamat!. (mobil.otomotifnet.com) 

Editor : billy

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa