Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Mesin Lebih Kecil, Tapi Tampilan Corolla Altis Lebih Mewah

Selasa, 18 Maret 2014 | 08:04 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption

Jakarta - Banyak pembenahan dilakukan sehingga membuat tampilan All New Toyota Altis 1.8L V A/T jadi lebih mewah dari pendahulunya, Meski kapasitas mesin lebih kecil (sebelumnya 2.000 cc), dianggap cukup untuk beraktivitas. 

Yang pasti, garis tubuh All New Altis sekarang terlihat lebih kotak dari generasi sebelumnya. Sangat terlihat dari guratan pada samping bumper depan yang menyatu fender. Begitu juga di buritan, desainnya yang pipih dan penempatannya agak ke atas. Mengesankan kalau bodi terlihat lebih tebal.

No caption
No credit
No caption
Masuk kabin, aura kemewahan tetap terpancar. Tidak seperti dasbor sedan lainnya yang rata-rata landai, pada All New Altis ini justru terlihat kotak. Semakin tersamar karena terdapat layar integrated 2DIN information & entertainment berukuran 6,95 inci. Layar yang lebar ini memudahkan penumpang atau pengendara untuk mengoperasionalkannya. Tampilan dari instrument cluster yang berada tepat di depan pengendara juga sangat menarik.

Pantulan sinar matahari
Sayangnya, agak terganggu dengan konsol tuas transmisi. Bukan karena posisinya, namun terbuat dari pelat. Jika berkendara siang hari, dari konsol tersebut kerap terpantul sinar matahari yang cukup mengganggu.

No caption
No credit
No caption

Nah, mesin berkode 2ZR-FE dengan kapasitas 1.800 cc di ruang mesin menggelitik untuk dicoba. Impresi selama berada di kepadatan lalu lintas, tenaga yang dilontarkan cukup besar. Walau punya bodi selebar 1,776 mm, All New Altis dapat bergerak lincah di kepadatan lalu lintas.

Tenaga yang mengesankan ini terasa saat akselerasi. Hasil test memperlihatkan kalau All New Altis ini tak hanya nyaman tapi juga memiliki performa baik. Mencapai kecepatan 100 km/jam hanya dibutuhkan waktu 10,8 detik. Sedangkan untuk jarak 402 meter hanya dibutuhkan waktu 17,9 detik.

No caption
No credit
No caption

Bukan saja tenaga yang mengesankan, konsumsi bahan bakar juga baik. Urusan dalam kota, 1 liter ‘minuman' Ron 92 bisa dipakai sampai 10,8 kilometer. Sedangkan dalam kecepatan konstan, dengan jumlah yang sama bisa meraih 21,6 kilometer. Termasuk ekonomis mengingat mesin yang tak kecil.

Selain dengan konsumsi dan akselerasi, Toyota juga memanjakan konsumen melalui penggunaan transmisi pintar. Pada Altis terbaru ini sudah menggunakan CVT dengan 7 percepatan. Terdapat mode Sport bagi yang senang ngebut.


Handling yang akurat dan bantingan suspensi yang juga nyaman menjadi nilai tambahnya. Menambah kenyamanan, keamanan serta gaya pada All New Altis seharga Rp 407 juta (on the road). (Mobil.Otomotifnet.com)

Data spesifikasi All New Toyota Corolla Altis 1.8 V A/T : 
Dimensi 
P x L x T: 4,620 x 1,776 x 1,460 mm 
Wheelbase: 2,700 mm 
Mesin: 2ZR-FE, 4 silinder, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i 
Kapasitas: 1.798 cc 
Tenaga maksimum: 149,06 dk/6400 rpm 
Torsi maksimum: 189,3 Nm/4000 rpm 
Rem: Cakram. ABS+EBD+BA 
Ukuran roda: 17 inci 
Transmisi: CVT dengan 7 percepatan 

Hasil Tes :
Akselerasi 
0 - 60 km/jam: 5,3 detik 
40 - 80 km/jam: 4,4 detik 
0 - 100 km/jam: 10,8 detik 
0 - 402 meter: 17,9 detik 
Konsumsi (liter:kilometer) 
Dalam kota: 1:10,8 
Luar kota: 1:13,4 
Konstan: 1:21,6 ]

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa