Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Karimun Wagon R, Kecil-Kecil Cabe Rawit!

Senin, 7 Oktober 2013 | 10:41 WIB
No caption
No credit
No caption

No caption
No credit
No caption
Jakarta - Mobil dengan harga terjangkau atau Kendaraan Bermotor Hemar energi dan Harga terjangkau (KB2H) lagi ramai dipasar Indonesia! Bentuknya pun, mirip-mirip (hatchback). Kecuali PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menyodorkan desainnya yang tetap mengotak, khas Suzuki Karimun lawas. Dan 20 unit Karimun Wagon R dipersiapkan Suzuki untuk dijajal para jurnalis, 3-4 Oktober 2013 di Bumi Serpong Damai.

Rute yang dipilih benar-benar mencerminkan kegiatan keseharian kaum urban di pinggiran Jakarta, yang setiap hari bertemu dengan kepadatan lalu lintas, juga permukaan jalan yang tak selalu mulus.

No caption
No credit
No caption

Desain, Minimalis Tapi Enak Dilihat
 
Meski bentuk boxy. tapi tampilan Wagon R lebih modern. Terutama pada lampu utama yang beraksen biru, membuat tampilannya berkelas. Juga terdapat roofrail pada atap, semakin mengesankan sebuah mobil kecil yang multifungsi. Begitupun didalam kabin,  tatanan dasbor punya desain sederhana.

No caption
No credit
No caption
Fitur, Mendukung Kepraktisan

Bicara soal fitur, memang disesuaikan dengan banderol mobil. Wajar, dengan harga termurah tidak sampai Rp80 juta, tanpa dilengkapi kantung udara (airbags), yang katanya akan menjadi opsi pada pengembangan kedepan. Juga belum adanya pengaturan tinggi rendahnya setir, dan pengaturan spion masih manual, serta bukaan jendela belakang model engkol.

Di sisi lain, audionya sudah double din, juga indikator rekomendasi perpindahan gigi pada meter cluster (Gear Shift Indicator), dan 11 kompartemen penyimpanan barang, termasuk salah satunya yang unik terdapat bagasi ekstra di balik jok pengemudi depan untuk menyimpan barang berharga, membuat Karimun Wagon R menjadi sebuah mobil yang praktis.

Posisi duduk juga nyaman, dengan tinggi badan otomotifnet.com yang 180cm, hanya butuh sedikit memundurkan kursi pengemudi. Dengkul pun tak sampai mentok pada dasbord, begitu juga kepala yang tetap jauh jaraknya dari atap. 

No caption
No credit
No caption

Performa, Mesin 1.000cc yang responsif dan Kencang

Meski hanya mengandalkan mesin berkapasitas 1.000cc, namun mesin berkode K10B andalan Suzuki ini sudah disempurnakan, sehingga jauh lebih ringan dan bertenaga. Mesin ini menghasilkan tenaga maksimum 67 PS dan torsinya 90 Nm. Ternyata, cukup gesit ketika diajak stop and go dan melahap tanjakan.

Suara mesin 3 silindernya halus dan minim getaran, sampai didalam kabin pun nyaris tak terdengar. Perpindahan gigi melalui tuasnya pun tidak terasa keras atau mnyentak. Dan respon tenaga berdasarkan injakan pedal gas terbilang responsif, sehingga semakin menyenangkan dikendarai.

Mengetahui akselarasi responsif saat stop and go, membuat otomotifnet.com berfikir mobil ini bakal lemot saat berlari kencang. Nyatanya tidak, karena saat dikebut di jalan tol JORR, jarum pada speedometer bisa menyentuh angka 160 km/jam!

Handling, Ringan dan Lincah Selap Selip

Handling juga menjadi poin menarik dari Karimun Wagon R. Meski postur bodi kotak tidak membuatnya jadi kewalahan saat harus menghadapi kemacetan lalu lintas. Putaran setir ringan, membuat Karimun Wagon R menjadi lincah di jalanan.


Juga berkat posisi duduk yang lebih tinggi, membuat visibilitas kedepan dan sekitaran mobil jadi lebih leluasa. Terbukti saat harus parkir di tempat yang sempit, tak sesulit menggunakan mobil dengan dimensi konvensional.

Redaman suspensinya juga terbilang empuk, karena ketika harus melahap jalan bumpy dan berbatu kerikil, tak terasa getarannya, dan bantingan terasa lembut. Meski memang, saat dikecepatan tinggi, harus lebih hati-hati, karena pasti terjadi gejala limbung. Namun, dirasa masih wajar.


Kesimpulan, Kecil-Kecil Cabe Rawit!

Dengan semua keunggulan yang dimiliki Karimun Wagon R, mobil kecil ini layak dikedepankan saat butuh transportasi di tengah kota besar. Kecil tapi multifungsi, mesin kencang dan irit, juga harga jualnya yang terjangkau, mulai dari Rp 77 jutaan. Nah, apakah Anda tertarik? Silakan putuskan! 


Spesifikasi Teknis Karimun Wagon R

Panjang : 3,6 meter
Tinggi : 1,7 meter
Lebar : 1,475 meter
Wheelbase : 2,4 meter
Ground Clearence: 170 mm
Radius putar : 4,6 meter
Berat : 1.350 kg

Mesin : K10B 998cc 3 silinder
Tenaga Maksimal : 67 PS pada 6.200 RPM
Torsi Puncak : 90 NM pada 3.500 RPM
Transmisi : Manual 5 Speed
Ukuran Ban : 145/80R13

Harga : Rp 77 juta (GA), Rp 89,9 juta (GL) Rp 99,9 juta (GX)

(mobil.otomotifnet.com)

Editor :

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa